Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 21/03/2017, 16:55 WIB
Oik Yusuf

Penulis

KOMPAS.com - Pertama kali diperkenalkan dalam ajang Fujikina 2017 di Kyoto, Jepang, Januari lalu, kamera mirrorless terbaru Fujifilm X-T20 resmi dijual di Indonesia mulai bulan ini.

X-T20 merupakan penerus kamera mirrorless model sebelumnya, X-T10, yang dirilis pada 2015. Bentuk fisiknya relatif tak berubah, tapi di balik itu Fujifilm menerapkan sejumlah peningkatan.

Tambahan yang paling kentara adalah layar lipat LCD 3 inci yang kini mendukung fitur touchscreen sehingga bisa digunakan untuk memilih titik AF yang aktif, cukup dengan menyentuhkan jari di layar.

Antarmuka layar sentuh ini juga bisa digunakan untuk navigasi foto dalam mode playback, termasuk dengan melakukan gestur pinch to zoom layaknya smartphone, serta sapuan ke kanan dan ke kiri untuk berpindah foto.

Di dalamnya, X-T20 kini menggunakan sensor APS-C X-Trans III yang memiliki resolusi 24 megapiksel dan chip pengolah gambar X-Processor Pro yang sama dengan milik duo flagship Fujifilm, X-T2 dan X-Pro2.

Berkat perubahan jeroan tersebut, X-T20 kini sanggup merekam video dengan resolusi 4K 30 FPS serta turut mewarisi kemampuan autofokus X-T2 dengan 325 titik AF.

Di Indonesia, Fujifilm membanderol X-T20 dengan harga Rp 14,5 juta untuk versi kit dengan lensa Fujinon XC 16-50 mm F3.5-5.6 OIS II, termasuk bonus lensa pancake XF 27 mm F2.8.

Selain itu ada juga versi  kit dengan lensa Fujinon XF 18-55 mm F2.8-4.0 OIS yang dibanderol Rp 17 juta, juga termasuk bonus lensa pancake XF 27 mm F2.8.

Baca: Fujifilm, Dulu dan Sekarang

KompasTekno sempat menjajal X-T20 dalam Fujikina 2017 beberapa waktu lalu. Selengkapnya dapat disimak dalam tayangan video di tautan berikut.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


Rekomendasi untuk anda
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com