"Startup" Bapak Android Gagal Raih Rp 1,3 Triliun, Dihalangi Apple?

Kompas.com - 22/03/2017, 06:54 WIB
Andy Rubin AP PhotoAndy Rubin
|
EditorDeliusno

KOMPAS.com - Andy Rubin yang dikenal sebagai Bapak Android telah sesumbar bakal merilis ponsel pesaing Google Pixel dan iPhone sejak beberapa bulan lalu, tepatnya di ajang CES 2017, di Las Vegas, AS. Ponsel itu bakal berada di bawah merek perusahaan Rubin yang baru, yakni Essential.

Namun, cita-cita itu harus kandas atau barangkali tertunda hingga waktu yang tak ditentukan. Pasalnya, SoftBank yang diproyeksikan sebagai investor utama Essential tiba-tiba mundur.

SoftBank mulanya sepakat menggelontorkan dana sekitar 100 juta dollar AS atau setara Rp 1,3 triliun. Proses investasi itu katanya tinggal selangkah lagi rampung, tetapi SoftBank membatalkannya secara sepihak.

Menurut buah bibir yang berseliweran, pembatalan ini salah satunya disebabkan oleh kedekatan SoftBank dengan Apple, sebagaimana dilaporkan 9to5Mac dan dihimpun KompasTekno, Rabu (22/3/2017).

"SoftBank semakin lama semakin dekat dengan Apple dan mempengaruhi investasinya ke startup ponsel buatan pencipta Android," kata sumber dalam.

Diketahui, Apple menaruh duit investasi senilai 1 miliar dollar AS atau sekitar Rp 13 triliun untuk program SoftBank yang bernama "SoftBank Vision Fund".

Program itu merupakan pembiayaan senilai 100 miliar dollar AS (Rp 1,333 triliun) untuk industri teknologi. Dalam hal ini, Apple yakin investasinya ke SoftBank bisa berbuah manis untuk pengembangan teknologi di masa depan secara umum.

Benar atau tidaknya pembatalan ini berhubungan dengan kedekatan SoftBank dengan Apple belum bisa diketahui. Sejauh ini belum ada komentar resmi dari SoftBank, Apple, atau Essential, terkait alasan rinci pembatalan investasi SoftBank.

Jika merujuk pada rencana awal, Essential semestinya merilis ponsel anyar pada pertengahan atau akhir tahun ini. Pesaing iPhone dan Pixel itu bakal mengusung layar melengkung 5,5 inci tanpa bezel.

Rubin sendiri selama ini dijuluki sebagai Bapak Android. Ia merupakan pendiri Android Inc, yang kemudian dibeli Google dan "meledak" jadi sistem operasi laris.

Baca: Andy Rubin, Mantan Karyawan Apple yang Mengotaki Android

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Sumber 9to5mac

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X