Instagram Bakal Bisa Diakses Tanpa Internet?

Kompas.com - 22/03/2017, 09:31 WIB
Instagram Yoga Hastyadi Widiartanto/KOMPAS.comInstagram
|
EditorDeliusno

KOMPAS.com - Layanan Instagram bakal bisa dinikmati tanpa internet alias offline. Namun, tampaknya hanya beberapa fitur saja yang bisa digunakan tanpa sambungan internet.

Hal itu terungkap dari agenda konferensi F8 yang bakal digelar Facebook bagi para pengembang dari seluruh dunia pada 18 hingga 19 April mendatang di San Jose, AS. 

Menurut deskripsi salah satu acara yang berjudul "Building Offline Experiences for Instagram", Facebook bakal menguji konsistensi pengalaman offline Instagram. Selain itu, akan diperlihatkan juga interaksi pengguna dengan konten-konten di Instagram, bahkan saat tidak memiliki akses internet.

Dikutip KompasTekno dari Mashable, Rabu (22/3/2017), dalam sesi tersebut, tim Facebook baru akan membagi pengalaman awal mereka. Artinya, fitur ini belum akan diluncurkan di ajang F8.

Bagaimana cara kerja Instagram offline dan fitur-fitur apa saja yang bakal tersedia belum diketahui.

Fitur offline di Instagram tentunya sangat penting bagi pengguna di negara-negara berkembang, di mana akses internet masih terbatas.

Saat ini, sekitar 600 juta pengguna Instagram ada di luar AS, meluas hingga wilayah dengan internet dan koneksi data yang berbeda-beda kondisinya.

Membuat pengguna terus berinteraksi dengan konten, bahkan saat dalam keadaan offline, sangatlah penting bagi Instagram. Pasalnya, sebagian dari konten tersebut adalah iklan yang ditampilkan oleh Instagram.

Cara yang sama juga telah dilakukan di layanan YouTube. Video bisa disimpan atau diunduh saat pengguna terhubung dengan koneksi data internet, lalu diputar tanpa koneksi internet. Video yang disimpan hanya bertahan beberapa waktu saja, bukan selamanya.

Akankah fitur yang dikenalkan oleh Instagram bakal mirip dengan fitur YouTube ini?

Baca: Kini Video Live di Instagram Bisa Disimpan

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber Mashable
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.