Kompas.com - 22/03/2017, 16:03 WIB
Penulis Oik Yusuf
|
EditorReska K. Nistanto

JAKARTA, KOMPAS.com - Di ajang Mobile World Congress (MWC) 2017 yang berlangsung di Barcelona akhir Februari lalu, Motorola memperkenalkan duo ponsel terbaru Moto G5 dan G5 Plus. Keduanya merupakan produk entry-level berkesan premium dalam balutan cangkang berbahan logam.

Akankah Moto G5 dan G5 Plus dijual di Tanah Air? Ternyata tidak. Hal ini dikonfirmasi oleh pihak Lenovo Indonesia selaku pemegang brand Moto.

"Tidak, kami tidak ada rencana untuk memasarkan (Moto G5 dan Moto G5 Plus)," ujar Country Lead Mobile Business Group Lenovo Indonesia, Adrie R. Suhadi ketika ditemui usai acara peluncuran Motorola Moto M di Jakarta, Rabu (22/3/2017).

Adrie beralasan Moto G5 dan G5 Plus kurang menarik untuk dijual di Indonesia. Pasar smartphone di Indonesia, menurut dia, kini lebih cocok mengadopsi produk kelas menengah yang mulai menanjak dari segi volume penjualan.

Adrie mengutip data dari firma riset pasar GfK yang menyebutkan bahwa total pasaran ponsel pintar di Indonesia pada 2016 mencapai 30 juta unit. "Dari angka tersebut, 33 persen merupakan smartphone kelas menengah. Artinya pasarnya 10 jutaan unit," katanya.

Lantaran itulah, lanjut Adrie, Lenovo meluncurkan Motorola Moto M untuk memperkuat portolio di papan tengah.

"Dari sisi kesiapan, kami sendiri memang memutuskan untuk menunggu seri berikutnya saja yang lebih menarik," pungkas Adrie tanpa menjelaskan model ponsel mana yang dimaksud.

Yang jelas, Adrie menjanjikan Lenovo akan kembali merilis ponsel setelah Moto M tahun ini di Indonesia.

Moto G5 sendiri merupakan smartphone Android 7.0 Nougat dengan layar 5 inci yang diperkuat prosesor Snapdragon 430 octa core 1,4 GHz, RAM 2 GB, pilihan memori internal 16 Gb atau 32 GB, baterai 2.800 mAh, serta kamera 16 megapiksel dan 5 megapiksel.

"Kakaknya", Moto G5 Plus, memiliki layar 5,2 inci full-HD dengan chipset Snapdragon 625 octa core 2 GHz, RAM 2 atau 4 GB, memori internal 32 GB atau 64 GB, baterai 3.000 mAh, serta kamera 12 megapiksel dan 5 megapiksel.

Baca: Lebih Dekat dengan Duo Moto G5 di MWC Barcelona

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.