Kompas.com - 22/03/2017, 18:29 WIB
ilustrasi BBCilustrasi
Penulis Oik Yusuf
|
EditorReska K. Nistanto

KOMPAS.com - Bukan hanya layanan online, bank, ataupun hotel, kini restoran cepat saji pun bisa menjadi incaran hacker. Misalnya yang dialami oleh restoran burger terkenal, McDonald's di India.

Firma keamanan Fallible melaporkan, layanan aplikasi McDelivery milik restoran burger berlogo "M" itu dibobol oleh peretas beberapa waktu lalu.

Akibatnya, data pelanggan McDonald's di India yang menggunakan aplikasi itu bocor. Data yang dicuri seperti nama, e-mail, alamat rumah, dan nomor telepon pun bocor.

Jumlah pengguna yang terdampak diperkirakan mencapai 2,2 juta orang, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari BBC, Rabu (22/3/2017).

Data sensitif tetap aman

Dalam sebuah pernyataan, McDonald's India mengatakan tidak ada data sensitif seperti nomor kartu kredit, password, atau informasi rekening bank di database McDelivery.

"Website dan aplikasi kami selalu aman untuk digunakan. Kami selalu memperbarui keamanan secara reguler," tulis McDonald.

Meski demikian, hingga akhir pekan lalu, Fallible melaporkan bahwa kelemahan di server McDelivery yang dimanfaatkan hacker masih belum ditambal.

Padahal, Fallible sudah melaporkan adanya tindak peretasan tersebut ke pihak McDonalds sejak 7 Februari.

"Perbaikan McDonald's masih belum lengkap dan endpoint masih membocorkan data," tulis Fallible.

Baca: Restoran Mewah Ini Sajikan Makanan di Atas iPad

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber BBC
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.