Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Nintendo Switch Bakal Dipasangi Android?

Kompas.com - 23/03/2017, 11:43 WIB
Reska K. Nistanto

Penulis

KOMPAS.com - Nintendo berencana untuk memasang sistem operasi Android ke konsol game bongkar-pasang Switch. Untuk mewujudkannya, pabrikan konsol game Jepang itu dikabarkan bakal menggandeng Cyanogen.

Cyanogen adalah perusahaan pemasok OS Android custom. OS Android dirancang sedemikian rupa sehingga memenuhi persyaratan kebutuhan kliennya.

Rencana Nintendo memasang OS Android di konsol Switch, dikutip KompasTekno dari Phone Arena, Kamis (23/3/2017), diungkapkan oleh mantan CEO yang kini menjadi Executive Chairman Cyanogen, Kirt McMaster.

McMaster melalui akun Twitter-nya mengatakan bahwa Cyanogen telah diajak berbicara dengan Nintendo untuk membantu membuat OS untuk "peranti portabel tertentu".

McMaster memang tidak secara spesifik mengatakan konsol Switch sebagai peranti portabel dimaksud, atau menyebutkan OS Android. Namun, saat ini Nintendo tidak memiliki konsol game portabel selain Switch dan Cyanogen dikenal sebagai pengoprek Android.

Rumor Nintendo Switch bakal berjalan dengan OS Android memang telah mengemuka saat perangkat itu diumumkan bakal mengusung chipset buatan Nvidia.

Namun di saat peluncuran, ternyata Switch tidak berjalan dengan Android.

Kini, jika rencana Nintendo memasang Android di Switch itu benar bakal terwujud, maka konsol tersebut bisa saja menjadi gadget killer untuk perangkat gaming portabel serupa.

Baca: Nintendo Switch Laris, Produksi Ditambah 2 Kali Lipat

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com