Nintendo Switch Bakal Dipasangi Android?

Kompas.com - 23/03/2017, 11:43 WIB
|
EditorDeliusno

KOMPAS.com - Nintendo berencana untuk memasang sistem operasi Android ke konsol game bongkar-pasang Switch. Untuk mewujudkannya, pabrikan konsol game Jepang itu dikabarkan bakal menggandeng Cyanogen.

Cyanogen adalah perusahaan pemasok OS Android custom. OS Android dirancang sedemikian rupa sehingga memenuhi persyaratan kebutuhan kliennya.

Rencana Nintendo memasang OS Android di konsol Switch, dikutip KompasTekno dari Phone Arena, Kamis (23/3/2017), diungkapkan oleh mantan CEO yang kini menjadi Executive Chairman Cyanogen, Kirt McMaster.

McMaster melalui akun Twitter-nya mengatakan bahwa Cyanogen telah diajak berbicara dengan Nintendo untuk membantu membuat OS untuk "peranti portabel tertentu".

McMaster memang tidak secara spesifik mengatakan konsol Switch sebagai peranti portabel dimaksud, atau menyebutkan OS Android. Namun, saat ini Nintendo tidak memiliki konsol game portabel selain Switch dan Cyanogen dikenal sebagai pengoprek Android.

Rumor Nintendo Switch bakal berjalan dengan OS Android memang telah mengemuka saat perangkat itu diumumkan bakal mengusung chipset buatan Nvidia.

Namun di saat peluncuran, ternyata Switch tidak berjalan dengan Android.

Kini, jika rencana Nintendo memasang Android di Switch itu benar bakal terwujud, maka konsol tersebut bisa saja menjadi gadget killer untuk perangkat gaming portabel serupa.

Baca: Nintendo Switch Laris, Produksi Ditambah 2 Kali Lipat

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.