Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gandeng Garmin, Erajaya Garap Pasar "Wearable" di Indonesia

Kompas.com - 23/03/2017, 13:41 WIB
Fatimah Kartini Bohang

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Erajaya mulai gencar mengekspansi pasar internet terhubung alias Internet of Things (IoT), salah satunya adalah perangkat wearable. Sejak 2016, perusahaan ritel dan distributor perangkat elektronik tersebut membentuk divisi bisnis khusus untuk aksesori perangkat mobile dan IoT.

Kini, Erajaya maju selangkah dengan menggandeng perusahaan GPS asal Amerika Serikat yang belakangan turut membuat peranti wearable, yakni Garmin.

Mulai hari ini, Kamis (23/3/2017), berbagai wearable buatan Garmin bakal disalurkan secara resmi dan lebih luas di 21 jaringan ritel Erajaya di Indonesia. Ada lima produk yang dipasarkan mencakup wearable dan action camera. Masing-masing dari seri Vivo, Forerunner, dan VIRB.

Baca: Fitbit Caplok Pebble, Garmin Klaim Tidak Gentar

Harga produknya sendiri dimulai dari Rp 1 jutaan hingga Rp 5 jutaan. Kisaran harga itu dianggap sesuai dengan kondisi pasar Tanah Air.

"IoT adalah masa depan. Secara brand, Garmin sudah dipercaya dan dikenal di seluruh dunia. Dengan infrastruktur Erajaya sekarang, kami bisa sama-sama memperkenalkan wearable ke pasar indonesia yang lebih luas," kata Head of IoT Erajaya Group, Gabriella Halim, di sela-sela pengumuman kerja sama Erajaya-Garmin, di Jakarta.

Hal serupa dikemukakan Managing Director Garmin Asia Selatan, Engelhard Sundoro. Menurut dia, kerja sama dengan Erajaya adalah bentuk strategi ekspansi di Asia Tenggara, setelah sebelumnya sudah mendirikan kantor pusat Asia Tenggara di Singapura dan mulai masuk ke pasar Vietnam.

"Kemitraan dengan distributor terkemuka di Indonesia membuat produk kami lebih mudah diakses oleh konsumen," kata dia pada kesempatan yang sama.

Meski demikian, pria yang kerap disapa Al tersebut masih irit bicara soal target penjualan sepanjang 2017 pasca merangkul Erajaya.

"Masih terlalu cepat bicara target. Lihat satu tahun ke depan," ujarnya.

Baca: Erajaya: Ponsel Ilegal Kok Bisa Dijual?

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com