iPhone 7 Sudah Bisa Dipesan, Ini yang Perlu Diketahui Sebelum Membeli

Kompas.com - 23/03/2017, 20:58 WIB
|
EditorReska K. Nistanto

KOMPAS.com - Duet flagship terbaru dari Apple, iPhone 7 dan 7 Plus, akhirnya bakal dijual secara resmi di Indonesia. Duo iPhone 7 itu bisa dipesan melalui layanan pre-order pada 24 Maret dan dijual di pasaran mulai 31 Maret mendatang.

Dari segi desain, iPhone 7 dan 7 Plus sebenarnya tidak jauh berbeda dari seri sebelumnya, iPhone 6. Meski begitu, salah satu yang relatif tak disukai adalah tonjolan bingkai lensa pada kamera iPhone 7 dan 7 Plus. Tonjolan itu membuat posisi smartphone tidak rata saat dibaringkan dengan punggung menghadap ke bawah.

Selebihnya, konsep tipis dan simpel masih dipertahankan pabrikan Cupertino tersebut. Apple juga menambahkan pilihan warna baru pada iPhone 7 dan 7 Plus, yaitu black dan jet black (hitam dan hitam berkilau).

Baca: 24 Maret, iPhone 7 Versi Resmi Bisa Dipesan di Indonesia

Fitur-fitur baru

Apple tak pelit membekali duet iPhone teranyar dengan fitur-fitur mutakhir. Untuk pertama kalinya lini iPhone disematkan kemampuan anti-air bersertifikasi IP67. Pengguna diperbolehkan memakai perangkat di bawah guyuran hujan, tanpa perlu khawatir rusak. 


Di bagian punggung, bertengger kamera berlensa ganda khusus untuk varian Plus. Kedua lensa memiliki sensor 12 megapiksel, namun punya fungsi berbeda. Satu untuk memotret wide-angle atau pandangan lanskap lebar, satu lagi untuk memotret tele atau jarak jauh.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca: Mengenal Teknologi Kamera Ganda di iPhone 7 Plus

Tombol home juga mengalami transformasi dari kerja mekanis menjadi "seakan tak terasa tapi ada". Hal ini dimungkinkan teknologi Taptic Engine yang lebih peka mendeteksi sentuhan.

Pembaruan lainnya bisa ditilik dari layar yang lebih cerah, baterai lebih tangguh, prosesor dan sistem operasi lebih militan, serta pilihan memori yang lebih jumbo.

Fitur yang hilang

Beberapa fitur baru itu agaknya butuh tumbal. Apple harus menghapus keberadaan port audio 3,5 milimeter, seperti bocoran-bocoran yang beredar sebelumnya.

Tak asal menghapus, Apple menyiapkan pengganti agar pengguna tetap bisa menikmati audio langsung di telinga masing-masing. Pada tiap kemasan iPhone 7 dan 7 Plus, ada converter Lightning to 3,5 mm.


Selain itu, pengguna juga mendapatkan satu set Lightning EarPods yang bisa langung dipasang ke port pengisian daya bila ingin mendengarkan musik. Bila sanggup membeli yang lebih mahal, ada juga AirPods, yaitu satu set earphone nirkabel pertama Apple.

Baca: Mengenal AirPods, Earphone Nirkabel Pendamping iPhone 7

Tak seperti varian iPhone sebelumnya yang memiliki spesifikasi memori internal terendah 16 GB, Apple meningkatkan pilihan kapasitas memori internal terkecilnya untuk iPhone 7 dan 7 Plus, yakni 32 GB. Selain memori internal 32 GB, ada pula pilihan 128 GB dan 256 GB.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X