Kompas.com - 24/03/2017, 07:05 WIB
F3 Plus, ponsel terbaru dari Oppo yang meningkatkan kemampuan selfie dari generasi sebelumnya dengan memakai 2 kamera depan sekaligus. Oik Yusuf/ KOMPAS.comF3 Plus, ponsel terbaru dari Oppo yang meningkatkan kemampuan selfie dari generasi sebelumnya dengan memakai 2 kamera depan sekaligus.
Penulis Oik Yusuf
|
EditorDeliusno

KOMPAS.com - Kemampuan selfie dengan kamera depan baru-baru ini menjadi tren di kalangan sejumlah vendor ponsel. Tak semuanya setuju bahwa ponsel melulu harus mengutamakan selfie.

Ada juga pabrikan smartphone yang berpendapat bahwa konsumen seharusnya lebih mempertimbangkan aspek lain di luar selfie, seperti misalnya kinerja.

Oppo selaku salah satu pabrikan yang mengedepankan kemampuan selfie di lini ponsel punya respons sendiri tentang anggapan tersebut.

"Kalau orang bilang ponsel (Oppo) cuma bisa selfie, jawaban kami simple saja: market share," ujar Media Engagement Oppo Indonesia, Aryo Meidianto, saat ditemui usai acara peluncuran ponsel Oppo F3 Plus di Jakarta, Kamis (23/3/2017).

Menurut Aryo, pihak Oppo selama ini menggembar-gemborkan kemampuan selfie mumpuni karena memang itulah salah satu hal yang paling diminati oleh para konsumen ponsel di Indonesia.

"Lihat saja buktinya. Kami memimpin pasar dengan HP selfie itu. Kenyataannya market share tinggi berarti orang butuh," imbuh Aryo. Oppo pada 2016 lalu menempati posisi kedua pabrikan smartphone terbesar di Indonesia dengan pangsa pasar di kisaran 16 persen, menurut catatan firma riset pasar IDC.

Oppo sengaja mengedepankan kemampuan selfie karena ingin produk-produknya lekat dengan image "selfie" yang diminati konsumen.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Oik Yusuf/ KOMPAS.com Media Engagement Oppo Indonesia Aryo Meidianto
Oppo F1S yang menjadi salah satu ponsel andalan, misalnya, mengusung embel-embel "Selfie Expert". Begitu juga dengan Oppo F3 Plus yang meningkatkan kemampuan selfie lebih jauh dengan memakai dua kamera depan dengan lensa normal dan wide angle untuk wefie alias group selfie.

Aryo mengatakan siasat ini terbukti berhasil karena merk Oppo sudah identik dengan selfie di benak konsumen Indonesia, berdasarkan data firma riset pasar GfK pada 2016.

"Untuk urusan selfie, Oppo sudah jadi top-of-mind di kalangan konsumen gadget indonesia," pungkas Aryo.

Baca: Smartphone Selfie Oppo F3 Plus Resmi Masuk Indonesia

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.