Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kenapa Foto Instagram Belakangan Jadi Buram?

Kompas.com - 24/03/2017, 10:07 WIB
Oik Yusuf

Penulis

Sumber The Verge

KOMPAS.com - Instagram selama ini melarang dan akan memblokir posting foto atau video yang jelas-jelas melanggar peraturan, seperti mengandung unsur pornografi dan kekerasan. Tapi posting yang bersifat hanya “menyerempet” biasanya dibiarkan.

Tapi kini hal tersebut sudah berubah dengan adanya kebijakan baru. Instagram telah mulai memburamkan foto dan video di feed pengguna yang dinilai bermuatan “sensitif”.

Artinya, foto atau video dimaksud telah dilaporkan oleh pengguna lain sebagai tak layak, namun dinilai tidak melanggar peraturan oleh tim moderasi Intsagram.

Maka diambillah jalan tengah dengan tetap membiarkan posting dimaksud, tapi dengan diburamkan dan diimbuhi peringatan berbunyi “Foto ini mengandung konten sensitif yang mungkin ofensif atau mengganggu untuk sebagian orang.”

Posting yang diburamkan tetap dapat dilihat dengan menghilangkan blur setelah pengguna menekan sebuah tombol khusus, untuk menyatakan kesediaan melihat konten meski sudah diperingatkan.

Dalam sebuah pernyataan yang dilayangkan ke The Verge, Instagram mengatakan penilaian sebuah konten sebagai “sensitif” didasarkan pada sejumlah kriteria. Awalnya, Instagram akan fokus pada konten yang menggambarkan kekerasan.

“Misalnya grup penyayang binatang yang mengekspos keadaan binatang uji coba atau penyiksaan binatang, atau konten yang bertujuan meningkatkan kesadaran atas krisis kemanusiaan di seluruh dunia (kelaparan, dampak perang ke komunitas),” sebut Instagram, sebagaimana dirangkum oleh KompasTekno, Jumat (24/3/2017).

Pengguna sendiri tetap dapat mengunggah konten “sensitif” dan tidak akan diturunkan oleh Instagram asalkan tidak melanggar ketentuan. “Seiring waktu, kami akan menerapkan kebiijakan serupa agar mencakup area lain,” imbuh Instagram.

Dalam waktu bersamaan dengan penerapan kebijakan ini, Instagram turut memperkenalkan fitur sekuriti baru berupa otentikasi dua langkah yang sebelumnya hanya tersedia secara terbatas untuk pengguna tertentu.

Baca: Instagram Bakal Bisa Diakses Tanpa Internet?

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber The Verge

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com