Kenapa Foto Instagram Belakangan Jadi Buram?

Kompas.com - 24/03/2017, 10:07 WIB
Instagram mulai memburamkan posting yang dinilai mengandung konten sensitif. Ada juga fitur kemanana baru berupa otentikasi dua langkah. InstagramInstagram mulai memburamkan posting yang dinilai mengandung konten sensitif. Ada juga fitur kemanana baru berupa otentikasi dua langkah.
Penulis Oik Yusuf
|
EditorDeliusno

KOMPAS.com - Instagram selama ini melarang dan akan memblokir posting foto atau video yang jelas-jelas melanggar peraturan, seperti mengandung unsur pornografi dan kekerasan. Tapi posting yang bersifat hanya “menyerempet” biasanya dibiarkan.

Tapi kini hal tersebut sudah berubah dengan adanya kebijakan baru. Instagram telah mulai memburamkan foto dan video di feed pengguna yang dinilai bermuatan “sensitif”.

Artinya, foto atau video dimaksud telah dilaporkan oleh pengguna lain sebagai tak layak, namun dinilai tidak melanggar peraturan oleh tim moderasi Intsagram.

Maka diambillah jalan tengah dengan tetap membiarkan posting dimaksud, tapi dengan diburamkan dan diimbuhi peringatan berbunyi “Foto ini mengandung konten sensitif yang mungkin ofensif atau mengganggu untuk sebagian orang.”

Posting yang diburamkan tetap dapat dilihat dengan menghilangkan blur setelah pengguna menekan sebuah tombol khusus, untuk menyatakan kesediaan melihat konten meski sudah diperingatkan.

Dalam sebuah pernyataan yang dilayangkan ke The Verge, Instagram mengatakan penilaian sebuah konten sebagai “sensitif” didasarkan pada sejumlah kriteria. Awalnya, Instagram akan fokus pada konten yang menggambarkan kekerasan.

“Misalnya grup penyayang binatang yang mengekspos keadaan binatang uji coba atau penyiksaan binatang, atau konten yang bertujuan meningkatkan kesadaran atas krisis kemanusiaan di seluruh dunia (kelaparan, dampak perang ke komunitas),” sebut Instagram, sebagaimana dirangkum oleh KompasTekno, Jumat (24/3/2017).

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Pengguna sendiri tetap dapat mengunggah konten “sensitif” dan tidak akan diturunkan oleh Instagram asalkan tidak melanggar ketentuan. “Seiring waktu, kami akan menerapkan kebiijakan serupa agar mencakup area lain,” imbuh Instagram.

Dalam waktu bersamaan dengan penerapan kebijakan ini, Instagram turut memperkenalkan fitur sekuriti baru berupa otentikasi dua langkah yang sebelumnya hanya tersedia secara terbatas untuk pengguna tertentu.

Baca: Instagram Bakal Bisa Diakses Tanpa Internet?

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Sumber The Verge

26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.