Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jumlah Pengiklan di Instagram Naik Dua Kali Lipat, Apa Sebabnya?

Kompas.com - 24/03/2017, 12:08 WIB
Reska K. Nistanto

Penulis

KOMPAS.com - Instagram mengungkap jumlah pengiklan aktif bulanannya saat ini telah mencapai angka sekitar 1 jutaan. Jumlah tersebut meningkat dua kali lipat sejak September 2016 lalu.

Jika dibandingkan dengan periode satu tahun yang lalu, saat itu baru ada sekitar 200.000 pengiklan aktif di Instagram tiap bulannya.

Pertumbuhan yang pesat itu dikutip KompasTekno dari Tech Crunch, Jumat (24/3/2017), didukung oleh jumlah pengguna aktif Instagram yang tiap harinya mencapai 400 juta orang.

Selain jumlah pengguna harian yang besar, apa lagi yang mendukung pertumbuhan iklan di Instagram?

James Quarles yang memimpin bisnis iklan di Instagram mengatakan, platform iklan di Instagram berbeda dalam beberapa hal, sehingga mampu menarik perhatian.

Pertama, Instagram memang tempat di mana orang mengikuti passion-nya, seperti musisi, bisnis, hobi, dan sebagainya. Bahkan, menurut statistik, 80 persen pengguna di Instagram menjadi pengikut akun bisnis tertentu.

Kedua, kemudahan dalam menggunakan Instagram juga menjadi pendukung. "Cuma butuh empat kali tap di layar untuk membuat akun profil bisnis," kata Quarles.

Ketiga, Instagram mampu membuat penggunanya melakukan aksi nyata, bukan hanya sekadar mem-follow akun, memberi like, atau berkomentar, namun Instagram juga bisa meyakinkan pengguna menge-klik tautan ke situs utnuk membeli produk.

Ke depannya, Instagram mengatakan sedang membuat fitur baru di mana pengguna bisa berinteraksi langsung dengan pengiklan.

Baca: Instagram Bakal Bisa Diakses Tanpa Internet?

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com