Bekraf Beri Pelatihan "Coding" bagi TKI Perempuan di Luar Negeri

Kompas.com - 24/03/2017, 16:32 WIB
Cyberprogrammers.net Ilustrasi coding.

JAKARTA, KOMPAS.com - Badan Ekonomi Kreatif ( Bekraf) kembali menggelar pelatihan pemrograman komputer ( coding) khusus ibu-ibu yang dinamai " Coding Mum". Setelah menyasar kaum ibu-ibu, kini Bekraf juga menyasar buruh migran agar belajar coding.

Pelatihan ini pertama kali digelar pada Februari 2016 lalu di beberapa kota di Indonesia, yakni Jakarta, Malang, Bandung, Surabaya, Bogor, dan Makassar. Tak kurang dari 170 ibu-ibu kini bisa melakukan pemrograman sederhana. Keahlian itu berguna dalam mengembangkan bisnis digital menengah, sehingga membantu menggerakkan ekonomi kreatif nasional.

Pada gelaran Coding Mum tahun, Bekraf tak hanya menyasar ibu-ibu rumah tangga di Tanah Air, melainkan juga yang berada di luar negeri, tepatnya mereka yang berprofesi sebagai Tenaga Kerja Wanita (TKW) Indonesia.

Tujuannya, buruh migran Indonesia memiliki keterampilan tambahan dan mampu mengembangkan usaha digital ketika kembali ke Indonesia. Paling tidak, mereka juga bisa menjadi programmer.

Kami menilai ibu-ibu yang stay home sebetulnya punya potensi besar karena pendidikannya cukup baik dan waktunya relatif fleksibel. Dengan keterampilan coding, mereka bisa menambah penghasilan untuk kebutuhan rumah tangga," kata Kepala Bekraf, Triawan Munaf, Jumat (24/3/2017), dalam acara pengumuman Coding Mum 2017 di Lobi A Gedung Kementerian Ketenagakerjaan (Kemenaker), Jakarta.

"Tahun lalu kami dapat respons positif. Lalu tahun ini kami pikir, kenapa tidak sasar TKW," ia menambahkan.

Fatimah Kartini Bohang/KOMPAS.com Dua di tengah: Triawan Munaf (kiri), Kepala Badan Ekonomi Kreatif, dan Hanif Dhakiri (kanan), Menteri Ketenagakerjaan Indonesia di acara peresmian Coding Mum Luar Negeri, Jumat (24/3/2017).
Triawan berharap pelatihan ini mempercepat efek bola salju pada upaya peningkatan kesejahteraan masyarakat. Hal serupa diungkapkan Menteri Ketenagakerjaan, Hanif Dhakiri, pada kesempatan yang sama.

"Salah satu faktor adanya pengangguran adalah kurangnya keterampilan. Gerakan Coding Mum ini kami harapkan bisa mengatasi tantangan yang ada," ia menuturkan.

12 angkatan

Untuk pelaksanaan Coding Mum di luar negeri, Bekraf bekerja sama dengan PT Bank Mandiri dan PT Kolaborasi Ide Kreatif (Kolla Space).

Halaman:
Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di artikel ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini!


EditorReska K. Nistanto
Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di bawah ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
komentar di artikel lainnya
Close Ads X