Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

8 Fitur Baru yang Ada di iPhone 7

Kompas.com - 24/03/2017, 19:21 WIB
Yoga Hastyadi Widiartanto

Penulis

KOMPAS.com - Apple mengumumkan kehadiran iPhone 7 dan 7 Plus dengan beragam fitur baru, mulai dari layar, kamera, hingga soal earphone.

Perubahan paling besar, dan paling menarik dari semua pembaruan tersebut adalah kamera berlensa ganda di bagian belakang berikut berbagai kemampuan tambahannya. Kamera tersebut bertengger di bagian belakang iPhone 7 Plus.

Bila dirinci, secara garis besar ada delapan hal baru yang diperkenalkan Apple dalam iPhone 7 dan 7 Plus. Ada yang bakal memudahkan pengguna, ada juga hal yang baru dan menuntut pengguna untuk beradaptasi.

Sebagaimana dilansir KompasTekno dari TechRadar, Jumat (24/3/2017), berikut ini rincian delapan hal dan fitur baru di iPhone 7 dan 7 Plus

1. Desain

Apple menambahkan pilihan warna baru pada iPhone 7 dan 7 Plus, yaitu black dan jet black (hitam dan glossy). Selain itu, duo ponsel ini sama-sama dibekali dengan fitur anti-air.

Pengguna bisa dengan nyaman memakai iPhone 7 dan 7 Plus di bawah guyuran hujan, tanpa perlu khawatir rusak. Bisa dibayangkan, fitur ini mirip dengan anti-air pada Samsung Galaxy S7, ponsel Android pesaing Apple.

Salah satu bagian terburuk dari desain baru ini adalah adanya tonjolan bingkai lensa pada kamera iPhone 7 atau iPhone 7 Plus. Dengan kata lain, ponsel tidak akan rata saat dibaringkan dengan punggung menghadap ke bawah.

2. Kamera

Sesuai dengan desas-desus yang beredar, Apple memang memasang kamera 12 megapiksel dengan lensa ganda pada iPhone 7 Plus. Sedangkan iPhone 7 dibekali kamera 12 megapiksel berlensa tunggal (f/1,8).

Dua lensa pada kamera iPhone 7 Plus punya fungsi berbeda. Satu merupakan lensa wide (f/1,8) atau berguna untuk memotret dengan cakupan pandangan lebih lebar. Sedangkan satu lainnya merupakan lensa telephoto 56 milimeter (f/2,8), berguna untuk memotret objek pada jarak yang jauh.

Selain itu, iPhone 7 Plus juga memiliki prosesor pemrosesan gambar yang bisa memindai kedalaman bidang foto, dengan memanfaatkan lensa wide dan telephoto tersebut. Hasilnya, pengguna bisa mengubah fokus pada foto setelah selesai memotret.

Tapi perlu dicatat, fitur mengubah fokus foto baru akan dihadirkan Apple dalam update software yang rencananya akan dirilis tahun depan.

Selain soal lensa, kamera iPhone 7 dan 7 Plus memiliki kesamaan fitur, yakni optical image stabilizer untuk mencegah foto blur, quad tone LED flash, dukungan format RAW, serta zoom optik 2x.

Resolusi sensor kamera depannya pun sama, iPhone 7 dan 7 Plus dibekali kamera depan dengan resolusi 7 megapiksel.

3. Headphone

Dalam bocoran yang banyak beredar, Apple disebut akan menghapus keberadaan port audio 3,5 milimeter. Pada peluncuran iPhone 7 dan 7 Plus ini, raksasa teknologi tersebut benar-benar melakukannya.

Sebagai ganti port audio universal itu, Apple menyematkan converter Lightning to 3,5 mm dalam semua paket pembelian iPhone 7 dan iPhone 7 Plus. Pengguna tetap bisa memakai headphone lamanya dengan memanfaatkan converter yang dicolok ke port pengisian daya ini.

Selain itu, pengguna juga mendapatkan satu set Lightning EarPods yang bisa langung dipasang ke port pengisian daya bila ingin mendengarkan musik. Bila sanggup membeli yang lebih mahal, ada juga AirPods, yaitu satu set earphone nirkabel pertama Apple.

Baca: Ini Daftar Harga iPhone 7 dari Smartfren Beserta Paketnya

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com