Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Facebook Uji Coba Fitur GIF untuk Berkomentar

Kompas.com - 27/03/2017, 07:28 WIB
Fatimah Kartini Bohang

Penulis

KOMPAS.com - Konten visual berformat GIF menjadi populer belakangan ini. Beberapa platform seperti Twitter dan WhatsApp sudah cukup lama memberi pilihan untuk berekspresi di ranah maya menggunakan GIF.

Berikutnya, giliran Facebook yang bakal membenamkan fungsi gambar bergerak tersebut. Hal ini dikemukakan langsung oleh juru bicara Facebook.

"Semua orang suka GIF yang bagus dan kita tahu orang-orang akan lebih suka jika bisa menggunakannya untuk berkomentar," kata dia, sebagaimana dilaporkan AndroidCentral dan dihimpun KompasTekno, Senin (27/3/2017).

Oleh karenanya, Facebook akan menguji coba fitur GIF untuk bertukar komentar dalam waktu dekat. Jika semua berjalan lancar, bukan tak mungkin kemampuan ini akan segera dikomersilkan.

Sebelumnya, layanan chatting Facebook Messenger sejatinya sudah mengakomodir stiker bergerak. Namun, format GIF sejatinya lebih mengarah ke penggalan video pendek sekitar 1 detik yang diambil dari film tertentu.

Tujuan GIF tersebut biasanya untuk mewujudkan perasaan atau kondisi tertentu dengan yang pernah ada sebagai adegan film, reality show, atau talk show.

Pada Twitter dan WhatsApp, GIF bisa menjadi postingan utama. Sementara di Facebook, menurut juru bicaranya, peran GIF hanya sebagai pelengkap pada kolom komentar.

GIF tak bisa dipakai sebagai postingan utama. Sebab, Facebook tak ingin GIF berseliweran seperti spam di linimasa pengguna. Meski demikian, karena rencana ini masih untuk pengujian, belum diketahui prinsip akhirnya.

"Kami akan membagi lebih banyak kemungkinan yang kami bisa, namun untuk sekarang kami tegaskan fitur ini baru akan diuji," kata sang juru bicara.

Belum ada tanggal yang ditetapkan untuk pengujian maupun proyeksi ke massa umum. Kita tunggu saja.

Baca: Ada Ikon Jempol ke Bawah di Facebook Messenger

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com