Fitur Lacak Perjalanan Teman di Google Maps Bisa Dicoba di Indonesia

Kompas.com - 30/03/2017, 09:32 WIB
Google Maps The VergeGoogle Maps
Penulis Deliusno
|
EditorReska K. Nistanto

KOMPAS.com - Fitur berbagi lokasi (share location) Google Maps kini bisa digunakan di Indonesia. Fitur yang satu ini dapat membantu pengguna untuk berbagi lokasi atau melacak perjalanan teman via aplikasi peta milik Google tersebut.

Seperti apa sebenarnya fitur pelacak teman ini? Bayangkan skenario seperti ini. Anda sedang janjian dengan seorang teman. Kemudian, si teman mengajukan sebuah pertanyaan yang mungkin sulit untuk dijawab, "Kira-kira kapan tiba di sini?".

Anda mungkin akan menjawab "Sekitar 15 menit" atau 30 menit, atau berapa menit pun itu. Padahal Anda sendiri tak mengetahui apa saja hambatan yang akan menghadang dalam perjalanan.

Nah, agar tak disebut "omong kosong", Google membantu Anda dengan menghadirkan fitur pembagian lokasi secara langsung, alias real-time pada layanan peta digital Maps.

Dengan kemampuan real-time, teman atau keluarga bisa memantau perjalanan Anda secara langsung.

Mekanisme ini sama seperti ketika Anda memantau driver Go-Jek, Uber, atau Grab pasca melakukukan pemesanan alias order. Dengan begitu, teman bisa memahami kondisi Anda karena Anda pun tak bisa bohong.

Cara pakai

Untuk menggunakan fitur tersebut, perbarui dulu aplikasi Google Maps Anda. Fitur share location secara real-time ini bisa digunakan di iOS dan Android.

Google Google Maps bisa bagi lokasi secara real-time.
Oleh karena itu, kunjungi tautan berikut untuk mendapatkan Google Maps terbaru di Google Play Store. Sementara itu, pengguna iOS, silahkan kunjungi tautan berikut ini.

Setelah diperbarui, silahkan buka aplikasi Maps. Lalu pilih menu burger (tiga garis) yang ada di pojok kiri atas atau ketuk lingkaran kecil berwarna biru yang menunjukkan di mana Anda berada.

Halaman:


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X