Menperin Terima Perwakilan Apple, Bahas Pusat Inovasi di Indonesia

Kompas.com - 30/03/2017, 13:45 WIB
Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto bertemu dengan perwakilan Apple di Jakarta, Kamis (30/3/2017) KemenperinMenteri Perindustrian Airlangga Hartarto bertemu dengan perwakilan Apple di Jakarta, Kamis (30/3/2017)
|
EditorDeliusno

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Perindustrian (Menperin) RI, Airlangga Hartarto, menerima perwakilan Apple di ruangannya, lantai 2 Gedung Kemenperin, Jakarta. Pertemuan dijadwalkan berlangsung selama satu jam, dari pukul 13.00 WIB hingga 14.00 WIB siang ini, Kamis (30/3/2017).

Adapun perwakilan Apple yang datang di antaranya adalah Director Apple for South Asia, Miche Coulomb; Commercial Strategy Apple for South Asia & ANZ, Jean-Christophe Lebraud; dan Manager Government Affairs Apple Indonesia, Mirza Natadisastra.

Agenda utama pertemuan adalah membahas rencana pembangunan pusat inovasi alias innovation center Apple di Indonesia. Ini merupakan bentuk komitmen Apple untuk memenuhi aturan Tingkat Kandungan Dalam Negeri (TKDN) yang ditetapkan pemerintah.

Aturan tersebut dibuat untuk para vendor global yang hendak memasarkan produk smartphone 4G di Indonesia. Vendor global harus memenuhi TKDN sebesar 30 persen per awal 2017 ini. Jika tidak, izin pemasaran produk tak dikeluarkan.

Cara pemenuhan TKDN bisa melalui beberapa cara, salah satunya komitmen investasi, yang akhirnya dipilih Apple. Ada 3 pusat inovasi yang rencananya bakal digarap, salah satunya digadang-gadang terletak di Banten.

Total investasinya sendiri disebutkan mencapai 48 miliar dollar AS atau senilai Rp 626 miliar.

Berkat komitmen ini, Apple akhirnya bisa memasarkan kembali lini iPhone setelah hampir dua tahun vakum. Lini iPhone 7 dan 7 Plus sudah bisa dipesan sejak beberapa waktu lalu melalui situs belanja online Blibli, iBox, dan Smartfren.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Peluncuran resminya sendiri bakal digelar pada 31 Maret mendatang di beberapa lokasi iBox secara serentak.

Hingga berita ini diturunkan, pertemuan tertutup Menperin dan perwakilan Apple masih berlangsung.

Baca: Pusat Riset Apple di Indonesia Dibangun di Banten

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.