Kompas.com - 30/03/2017, 15:07 WIB
|
EditorDeliusno

JAKARTA, KOMPAS.com - Sehari menjelang peluncuran iPhone 7 dan 7 Plus di Indonesia, perwakilan Apple "sowan" ke Kementerian Perindustrian pada siang hari ini, Kamis (30/3/2017). Pertemuan berlangsung sekitar 40 menit dari pukul 13.00 WIB sampai 13.40 WIB di ruangan Menperin Airlangga Hartarto, lantai 2 Gedung Kemenperin, Jakarta.

Menperin didampingi Dirjen Ketahanan dan Pengembangan Akses Industri Internasional (KPAII), Harjanto; Direktur Industri Elektronika dan Telematika, Achmad Rodjih Almanshoer; dan Tenaga Ahli Menperin, Sanny Iskandar.

Dari pihak Apple, ada Director Apple for South Asia, Miche Coulomb; Commercial Strategy Apple for South Asia & ANZ, Jean-Christophe Lebraud; dan Manager Government Affairs Apple Indonesia, Mirza Natadisastra.

Usai pertemuan yang berlangsung singkat, perwakilan Apple bergegas pergi. Tak satu pun yang bisa dimintai keterangan.

Alhasil, isi pertemuan diungkap Tenaga Ahli Menperin, Sanny Iskandar, ke awak media. Setidaknya ada tiga poin yang disampaikan para perwakilan Apple.

"Pertama mereka mengucapkan terima kasih karena pemerintah mengeluarkan sertifikasi TKDN," kata Sanny.

Tingkat Kandungan Dalam Negeri (TKDN) adalah peraturan yang digodok pemerintah sejak 2015 lalu, di mana vendor global harus menenuhinya untuk memasarkan smartphone 4G di Indonesia.

Penetapannya sendiri bertahap, yakni 20 persen pada 2016 lalu ditingkatkan menjadi 30 persen pada awal 2017 lalu. Ada beberapa cara memenuhi TKDN tersebut, salah satunya dengan komitmen investasi yang dipilih Apple.

Bangun pusat inovasi

Pabrikan Cupertino itu sepakat menggelontorkan dana Rp 44 juta dollar AS untuk membangun tiga pusat inovasi di Tanah Air. Ini berhubungan dengan poin kedua pertemuan, yakni penetapan lokasi pusat inovasi tersebut.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.