Waspada, Tawaran 1 Tahun Gratis Telkomsel 4G yang Beredar di Facebook

Kompas.com - 31/03/2017, 07:21 WIB
Situs penipuan berkedok Telkomsel 4G. IstSitus penipuan berkedok Telkomsel 4G.
|
EditorReza Wahyudi

KOMPAS.com - Scam atau penipuan di Whatsapp kembali beredar di kalangan pengguna di Indonesia, kali ini yang menjadi korban adalah pengguna layanan operator seluler Telkomsel.

Pembuat scam ini cukup cermat mengamati kehausan para pengguna seluler atas kebutuhan data dan menjanjikan “data tak terbatas”, ditambah lagi embel-embel tambahan gratis satu tahun. Seperti biasanya, korban akan digiring untuk melakukan sharing ke kontak-kontak dan grup WhatsApp yang diikutinya.

Yang cukup mengkhawatirkan, banyak korban yang percaya, sampai-sampai bukan saja menyebarkan ke group/kontak WhatsAppnya saja, tetapi juga menyebarkan melalui wall Facebook-nya.

Gambar 1, Scam Whatsapp Telkomsel yang disebarkan juga melalui Facebook

Pesan penipuan ini akan disebarkan melalui Whatsapp dengan pesan sebagai berikut :

"Berita baik untuk Telkomsel  Pengguna
Telkomsel Sim Aktifkan data tak terbatas dengan * Tambahan 1 TAHUN GRATIS * dengan validitas terbatas 4G sampai Desember 2017 Klik disini untuk mengaktifkan Sekarang  www.telkomsel4g.com
Berbagi dengan teman dan kelompok sehingga mereka juga bisa mendapatkan tambahan 1 tahun Free. Terima kasih teman-teman!"

Broadcast ini dipastikan bersifat menipu, karena beberapa hal, dasar utamanya adalah konfirmasi dari pihak Telkomsel kepada salah satu anggota Hoax Buster Vaksincom di Group Telegram https://t.me/joinchat/AAAAAAkvdKmZyuPrWmcFgw.

Telkomsel memberikan konfirmasi bahwa situs resmi Telkomsel adalah www.telkomsel.com dan situs Telkomsel 4G resmi adalah www.telkomsel.com/4g-lte

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Klarifikasi Telkomsel

"Sehubungan dengan adanya website yang menawarkan promo layanan data dan suara yang tak terbatas bagi pelanggan Telkomsel yang melakukan aktivasi/migrasi kartu 4G, dapat kami informasikan bahwa hal itu tidak benar dan mempunyai potensi tindakan penipuan," kata GM External Corporate Communications PT. Telkomsel, Denny Abidin, kepada KompasTekno, Kamis (30/3/2017).

Telkom menyarankan pelanggan untuk melakukan upgrade ke kartu 4G melalui Smartphone Corner, MyGraPARI (self-service machine), atau GraPARI. Pelanggan juga dapat melakukan upgrade ke kartu 4G secara online dengan mengakses www.telkomsel.com yang menjadi satu-satunya online channel untuk upgrade ke kartu 4G.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.