Khusus Hari Ini, Google Maps Jadi Arena Game "Pac-Man"

Kompas.com - 01/04/2017, 09:17 WIB
Google mengubah Maps menjadi arena bermain Ms. Pac-Man pada April Mop 2017 screenshotGoogle mengubah Maps menjadi arena bermain Ms. Pac-Man pada April Mop 2017
|
EditorReska K. Nistanto

KOMPAS.com - Ada-ada saja keisengan Google di Sabtu (1/4/2017), atau yang biasa disebut sebagai April Mop. Kali ini, raksasa internet itu mengubah layanan pemetaan Maps miliknya menjadi game Ms. Pac-Man.

Game tersebut bisa ditemukan saat pengguna membuka aplikasi Google Maps di Android dan iOS, atau ketika membuka layanan tersebut melalui peramban web. Tergantung dari mana Anda membukanya, permainan Ms. Pac-Man ini bakal tampil berbeda.

Pantauan KompasTekno, pada Google Maps untuk Android dan iOS, permainan tersebut dapat dimulai dengan cara menyentuh ikon Ms. Pac-Man yang berada tepat di atas tombol “current location” di sisi kanan layar.

Setelah menyentuh ikon tersebut, permainan bisa dimulai dengan menyapukan jari di layar. Sapukan jari di layar ke atas, bawah, kanan, atau kiri untuk mengontrol pergerakan Ms. pac Man.

Di aplikasi Android, arena permainan berupa sebuah peta acak yang tersebar di seluruh dunia. Misalnya peta Ghana, New York, atau London.

Sedangkan arena bermain Ms. Pac-Man di iOS cenderung menyesuaikan dengan bentuk jalanan di peta yang sedang dibuka pengguna. Jadi, peta tempat Ms. Pac-Man melahap butiran mutiara dan hantu itu tidak tampil secara acak.

Selain muncul di aplikasi, permainan Ms. Pac-Man juga muncul saat pengguna membuka Google Maps melalui peramban web. Akses menuju permainan itu berupa sebuah kotak berisi ilustrasi Ms. Pac-Man yang berada di kiri bawah layar, tepat di samping kotak Google Earth.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Bentuk arena permainan Ms. Pac-Man di peramban web ini sama dengan di aplikasi Google Maps untuk iOS. Arena permainan tidak muncul secara acak, melainkan menyesuaikan dengan bentuk jalanan di lokasi yang sedang ditampilkan pengguna.

Sekadar diketahui, keisengan mengubah Google Maps menjadi arena bermain Pac-Man sebenarnya sudah pernah dilakukan pada April Mop 2015 silam. Bedanya, arena Pac-Man edisi 2015 itu dibuat berdasarkan lokasi pengguna, tidak secara acak seperti yang ditampilkan di Android saat ini.

Google Maps yang berubah menjadi arena game Pac Man ini hanya berlaku pada hari ini saja, bertepatan dengan April Mop.

April Mop yang jatuh pada tanggal 1 April tiap tahunnya menurut budaya Barat dirayakan dengan membuat lelucon atau tipuan. Orang yang tertipu atau dibohongi pun tidak boleh marah.

Perusahaan-perusahaan teknologi seperti Google pun sering membuat lelucon dengan layanannya sejak dahulu.

Baca: Lima Guyonan Google di April Mop 2015

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.