Pemindai Wajah Galaxy S8 Bisa Dikelabui dengan Foto

Kompas.com - 01/04/2017, 13:06 WIB
|
EditorReska K. Nistanto

KOMPAS.com - Samsung membekali Galaxy S8 dan S8 Plus dengan fitur face recognition, yakni mengunci atau mengamankan smartphone memakai wajah pemiliknya. Meski fitur ini tergolong canggih, ternyata masih ada trik yang bisa mengelabuinya.

Dalam sebuah video yang belakangan ini ramai tersebar di internet, terlihat bahwa face recognition pada duo Samsung Galaxy S terbaru itu juga bisa memindai wajah seseorang dari foto. Artinya, orang bisa membuka kunci face recognition tersebut hanya menggunakan foto pemilik smartphone.

Sebagaimana dilansir KompasTekno dari Phone Arena, Sabtu (1/4/2017), foto yang digunakan tentu saja harus memiliki resolusi tinggi agar bisa dipindai dengan jelas.

Dalam video yang beredar, sang pelaku trik beberapa kali menaruh foto pemilik smartphone di depan alat pemindai wajah Samsung Galaxy S8. Tujuannya untuk membuka kunci layar yang dipasang berdasarkan fitur face recognition.

Smartphone yang terkunci itu tak langsung terbuka. Tetapi setelah lebih dari sekali percobaan, akhirnya foto yang ditaruh di depan peminda wajah tersebut bisa dipakai membuka smartphone.

Baca: 8 Alasan untuk Beli Samsung Galaxy S8

Satu hal yang jangan dilupakan. Fitur yang berhasil dikelabui dalam video tersebut adalah face recognition, yakni kunci yang memanfaatkan kamera depan sebagai alat pemindai wajah pengguna.

Samsung sendiri membekali Galaxy S8 dan S8 Plus dengan fitur pengunci lain yang jauh lebih aman, yakni pemindai iris dan pemindai sidik jari.

Jadi jika Anda ingin memakai salah satu dari smartphone tersebut, ada baiknya jika mengaktifkan fitur pemindai iris atau kunci sidik jari saja untuk menjamin keamanannya.

Video trik untuk menipu fitur face recognition itu bisa Anda saksikan melalui tautan berikut atau di bawah ini.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.