Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pemindai Wajah Galaxy S8 Bisa Dikelabui dengan Foto

Kompas.com - 01/04/2017, 13:06 WIB
Yoga Hastyadi Widiartanto

Penulis

KOMPAS.com - Samsung membekali Galaxy S8 dan S8 Plus dengan fitur face recognition, yakni mengunci atau mengamankan smartphone memakai wajah pemiliknya. Meski fitur ini tergolong canggih, ternyata masih ada trik yang bisa mengelabuinya.

Dalam sebuah video yang belakangan ini ramai tersebar di internet, terlihat bahwa face recognition pada duo Samsung Galaxy S terbaru itu juga bisa memindai wajah seseorang dari foto. Artinya, orang bisa membuka kunci face recognition tersebut hanya menggunakan foto pemilik smartphone.

Sebagaimana dilansir KompasTekno dari Phone Arena, Sabtu (1/4/2017), foto yang digunakan tentu saja harus memiliki resolusi tinggi agar bisa dipindai dengan jelas.

Dalam video yang beredar, sang pelaku trik beberapa kali menaruh foto pemilik smartphone di depan alat pemindai wajah Samsung Galaxy S8. Tujuannya untuk membuka kunci layar yang dipasang berdasarkan fitur face recognition.

Smartphone yang terkunci itu tak langsung terbuka. Tetapi setelah lebih dari sekali percobaan, akhirnya foto yang ditaruh di depan peminda wajah tersebut bisa dipakai membuka smartphone.

Baca: 8 Alasan untuk Beli Samsung Galaxy S8

Satu hal yang jangan dilupakan. Fitur yang berhasil dikelabui dalam video tersebut adalah face recognition, yakni kunci yang memanfaatkan kamera depan sebagai alat pemindai wajah pengguna.

Samsung sendiri membekali Galaxy S8 dan S8 Plus dengan fitur pengunci lain yang jauh lebih aman, yakni pemindai iris dan pemindai sidik jari.

Jadi jika Anda ingin memakai salah satu dari smartphone tersebut, ada baiknya jika mengaktifkan fitur pemindai iris atau kunci sidik jari saja untuk menjamin keamanannya.

Video trik untuk menipu fitur face recognition itu bisa Anda saksikan melalui tautan berikut atau di bawah ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com