Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Samsung: Jangan Bergantung pada Pemindai Wajah Galaxy S8

Kompas.com - 02/04/2017, 11:32 WIB
Oik Yusuf

Penulis

NEW YORK, KOMPAS.com - Salah satu fitur baru yang disertakan Samsung untuk duo Galaxy S8 dan Galaxy S8+ adalah kemampuan mengenali wajah (face recognition) untuk mengunci dan membuka layar perangkat.

Kemampuan yang mengandalkan tangkapan gambar dari unit kamera depan ini terasa praktis, karena Galaxy S8 dan Galaxy S8 Plus mampu mengenali wajah dengan sangat cepat. Berbeda dari iris scanner yang juga bekerja dengan lebih pelan, face recognition mampu mengenali wajah pengguna walaupun di balik kacamata.

Pemindai wajah bekerja cepat dan praktis. Cukup dengan membawa ponsel ke depan wajah, kunci layar pun otomatis terbuka tanpa harus repot-repot melotot ke arah iris scanner atau merenggangkan jari ke fingerprint scanner.

Namun, Jay Koo dari Product Planning Group Samsung mengingatkan bahwa meski praktis, pengguna sebaiknya jangan terlalu bergantung pada face recognition apabila menginginkan keamanan maksimal.

"Fitur face recognition ini sebenarnya sekedar untuk kepraktisan saja. Fungsinya terbatas untuk membuka kunci layar," ujar Koo ketika ditemui usai acara peluncuran Galaxy S8 di New York, Amerika Serikat.

Koo menambahkan, fitur face recognition di Galaxy S8 dan Galaxy S8+ tidak bisa dipakai untuk aktivitas otentikasi yang membutuhkan kemanan tinggi, misalnya keperluan menyangkut mobile payment."Untuk itu, pengguna harus memakai fingerpirint atau iris scanner," katanya.

Seakan membuktikan ucapan Koo, belakangan muncul kabar bahwa fitur face recognition di Galaxy S8 dan Galaxy S8 Plus bisa dikibuli dengan relatif mudah memakai foto orang yang wajahnya sudah masuk dalam register perangkat.

Baca: Pemindai Wajah Galaxy S8 Bisa Dikelabui dengan Foto

Syaratnya, foto yang digunakan mesti memiliki resolusi tinggi dan percobaan membuka kunci layar mungkin perlu dilakukan lebih dari sekali. Untuk memastikan perangkat benar-benar aman, memang sebaiknya mengandalkan pemindai sidik jari dan iris, ditambah kunci PIN.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com