Nokia 9 Bakal Usung Teknologi Audio 3D?

Kompas.com - 03/04/2017, 14:33 WIB
Nokia 5 saat dirilis di ajang MWC di Barcelona, Minggu (26/2/2017). Deliusno/KOMPAS.comNokia 5 saat dirilis di ajang MWC di Barcelona, Minggu (26/2/2017).
|
EditorReska K. Nistanto

KOMPAS.com - HMD Global, pemegang lisensi merek Nokia saat ini diperkirakan akan merilis smartphone Nokia 9 dengan spesifikasi tingkat tinggi. Bocoran yang beredar menyebutkan bahwa salah satu spesifikasi tersebut berupa teknologi audio 3D.

Teknologi audio 3D yang dimaksud saat ini dikenal sebagai Nokia OZO Audio. Ini merupakan teknologi yang memungkinkan pengguna merasakan pengalaman mendapatan kesan ruangan saat mendengarkan file audio.

Nokia OZO Audio juga dapat bekerja berpasangan dengan pemindai posisi kepala penggunanya. Suara yang dihasilkan oleh smartphone Nokia 9 akan menyesuaikan posisi kepala pengguna saat digunakan untuk menyaksikan virtual reality (VR).

Fitur lain yang diuntungkan dari keberadaan teknologi ini adalah alat perekaman suara. Menggunakan Nokia OZO Audio, smartphone bisa merekam suara dalam bentuk 3D dan membedakan arah datang suara dengan memanfaatkan empat microphone atau lebih. Hasilnya berupa rekaman yang memiliki kesan kedalaman ruang.

Sebagaimana dilansir KompasTekno dari Phone Arena, Senin (3/4/2017), selain teknologi audio, HMD Global bakal membekali Nokia 9 dengan chipset Qualcomm Snapdragon 835, RAM 6 GB serta pilihan memori penyimpanan internal 64 GB dan 128 GB.

Ada juga kamera ganda setajam 22 megapiksel dengan lensa buatan Carl Zeiss dan kamera selfie setajam 12 megapiksel. Bocoran juga mengungkap bahwa Nokia 9 kemungkinan bakal memiliki layar quad HD 5,5 inci, baterai 3.800 mAh, dan sistem operasi Android 7.1 Nougat.

Saat ini HMD Global diketahui berencana meluncurkan Nokia 5 pada April atau Juni 2017, dan  berikutnya menyusul Nokia 6 serta 7. Belum diketahui apakah mereka akan meluncurkan Nokia 9 dalam waktu berdekatan.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Lebih jelasnya mengenai Nokia OZO Audio dapat disaksikan dalam video di bawah ini atau melalui tautan berikut ini.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.