Kompas.com - 04/04/2017, 12:05 WIB
Logo Samsung Venture BeatLogo Samsung
Penulis Oik Yusuf
|
EditorDeliusno

KOMPAS.com - Di dunia smartphone, selain memperoleh pendapatan dari produk sendiri macam seri smartphone Galaxy, Samsung juga membuat komponen untuk pabrikan lain seperti Apple.

Sebuah laporan terbaru menyebutkan bahwa perusaahan Korea Selatan itu berencana menanam modal sebesar 8,9 miliar dollar AS atau lebih dari Rp 118 triliun dalam rangka mengembangkan produksi layar OLED untuk iPhone generasi berikutnya.

Apple memang diprediksi bakal beralih dari panel LCD ke OLED untuk generasi mendatang dari smartphone pintarnya, iPhone 8.

Modal tambahan tersebut kabarnya bakal digelontorkan untuk meningkatkan kapasitas produksi layar OLED Samsung di salah satu pabrikannya dari sekitar 30.000-45.000 unit per tahun menjadi 120.000 unit.

Sebagaimana dirangkum KompasTekno dari Phone Arena, Selasa (4/4/2017), Samsung menguasai 95 persen pasaran komponen layar OLED. Sebanyak 70 persen dari ponsel-ponsel pintar bikinan Samsung menggunakan panel display tipe ini.

Apple disebut telah menandatangani kontrak penyediaan layar OLED dengan Samsung senilai 4,3 miliar dollar AS untuk 60 juta unit panel.

Selain Apple, para pabrikan China turut dikabarkan ingin beralih menggunakan layar OLED untuk produk-produk ponsel papan atasnya. Sebab itulah, Samsung agaknya merasa perlu meningkatkan kapasitas produksi.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca: September, Apple Mulai Rekrut Karyawan untuk Pusat Riset di BSD Tangerang

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.