Ratusan Ribu Aplikasi iOS Terancam Mogok

Kompas.com - 04/04/2017, 12:46 WIB
Penulis Oik Yusuf
|
EditorDeliusno

KOMPAS.com - iOS 11 diperkirakan akan datang dalam waktu 6 bulan ke depan. Update sistem operasi terbaru untuk gadget Apple tersebut dikhawatirkan bakal membuat ratusan ribu aplikasi menjadi tidak kompatibel dengan iPhone dan iPad.

Sebabnya berakar pada peralihan arsitektur chip Apple dari 32-bit ke 64-bit pada 2013 yang dimulai dengan prosesor A7 di iPhone 6S. Sebagian aplikasi iOS lawas masih ditulis dengan pemrograman 32-bit dan tak mendapat update dari pembuatnya.

Aplikasi-aplikasi inilah yang disinyalir tak akan kompatibel alias tidak bisa berjalan di iOS 11. Lembaga riset aplikasi SensorTower mengatakan, dari 2,4 juta aplikasi iOS di App Store, ada sekitar 8 persen yang masih memakai pemrograman 32-bit.

SensorTower SensorTower memperkirakan sekitar 187.000 aplikasi belum diperbarui oleh pembuatnya ke mode 64-bit dan karena itu terancam tidak kompatibel dengan iOS 11.
Artinya, ada 187.000 aplikasi yang terancam bakal mogok di iOS 11. Sebagian besar merupakan game lawas yang tak diperbarui oleh pembuatnya.

“Apple kemungkinan ingin mengurangi beban dan meningkatkan kinerja iOS versi berikutnya di perangkat-perangkat 64-bit dengan langkah ini,” tulis SensorTower, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari News.com.au, Selasa (4/4/2017).

Apple sendiri sudah mengimbau para developer aplikasi agar menulis aplikasi dengan pemrograman 64-bit sejak Februari 2015 lalu.

Sebelumnya, Apple diketahui berencana memangkas dukungan perangkat-perangkat non-64 bit seperti iPhone 5, iPhone 5C, dan iPad generasi ke-4 pada iOS 11. Hal tersebut diketahui dari baris kode yang terdapat di iOS versi 10.3.

Di dalam iOS 10.3 juga terdapat tool untuk mengetahui aplikasi mana (yang terpasang di perangkat) yang tak akan kompatibel dengan iOS berikutnya. Tool ini bisa diakses di settings > general > about > application.

Baca: iOS 10.3 Sudah Bisa Diunduh, Bikin iPhone Makin Kencang?

The Guardian iOS 10.3 menyediakan tool untuk mengetahui aplikasi mana yang tidak kompatibel dengan update iOS berikutnya.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.