Kompas.com - 04/04/2017, 15:06 WIB
|
EditorReska K. Nistanto

KOMPAS.com - Toshiba telah mulai membuka penawaran untuk bisnis memori NAND miliknya. Perusahaan yang berniat membeli unit bisnis memori Toshiba juga mulai mengajukan penawaran. 

Dikutip KompasTekno dari MacRumors, Selasa (4/4/2017), beberapa perusahaan besar yang ikut mengajukan penawaran adalah Apple, Google, dan Amazon.

“Perusahaan teknologi Amerika Serikat (AS), yaitu Apple, Google, dan Amazon saat ini tertarik mengajukan harga untuk membeli unit bisnis Toshiba,” ujar seorang sumber yang dekat dengan permasalahan ini.

Apple merupakan salah satu perusahaan besar yang mengandalkan pasokan memori NAND dari Toshiba. Sementara itu, Google dan Amazon ingin membeli unit bisnis Toshiba itu untuk dipakai memasok kebutuhan server masing-masing.

Saat ini tidak diketahui berapa besar tawaran yang diajukan oleh Apple, Google dan Amazon untuk bisa membeli unit bisnis Toshiba itu. Namun satu yang diketahui, sebuah perusahaan manajemen investasi Silver Lake dan perusahaan prosesor Broadcom menawarkan harga 18 miliar dollar AS atau setara Rp 239,8 triliun.

Selain nama tersebut di atas, informasi yang dilansir mengungkap bahwa Western Digital, Foxconn dan TSMC juga termasuk dalam beberapa perusahaan yang telah mengajukan penawaran harga untuk membeli unit bisnis Toshiba itu.

Sebelumnya, pada Kamis (30/3/2017) lalu, para pemegang saham Toshiba telah setuju untuk memisahkan unit bisnis memori NAND dan menjualnya. Penjualan tersebut dilakukan demi mendapatkan tambahan dana minimal 9 miliar dollar AS atau sekitar Rp 119,9 triliun.

Dana ini dibutuhkan Toshiba untuk menutupi biaya konstruksi pembangkit listrik tenaga nuklir yang membuat perusahaan terancam bangkrut.

Baca: Jepang Takut Toshiba Dibeli China?

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber MacRumors


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.