Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bixby Bisa Dipasang di Smartphone Galaxy Selain S8

Kompas.com - 04/04/2017, 19:04 WIB
Oik Yusuf

Penulis

KOMPAS.com - Salah satu fitur andalan di Galaxy S8 dan Galaxy S8+ adalah asisten digital Bixby. Sama dengan Siri, asisten digital ini juga  berbasis kecerdasan buatan (Artificial Intelligence/AI).

Ternyata Bixby tak hanya bisa berjalan di duo ponsel terbaru dari Samsung itu saja, melainkan juga dapat dipasang di ponsel Galaxy tipe lain, asalkan sudah memakai sistem operasi Android 7.0 Nougat terbaru.

Perlu dicatat bahwa Bixby yang dipasang di smartphone selain Galaxy S8 dan S8+ bukan keluaran resmi Samsung, Melainkan, Bixby di sini adalah hasil oprekan seorang programmer bernama takerhbk di forum online XDA Developers.

Di sebuah thread, dia menulis panduan untuk memasang Bixby di ponsel Galaxy dengan OS Android 7.0 Nougat, lengkap dengan sejumlah file APK yang diperlukan.

Selain sudah menjalankan Android 7.0 Nougat, ponsel juga perlu mengubah launcher dengan milik Galaxy S8 sebelum bisa memasang Bixby.

Baik software Bixby maupun launcher Galaxy S8 yang disediakan dalam panduan takerhbk bukan keluaran resmi dari Samsung, jadi risiko mesti ditanggung sendiri.

Sebagaimana dirangkum KompasTekno dari The Next Web, Selasa (4/4/2017), sejumlah anggota XDA Forum yang sudah mencoba memasang Bixby di ponsel Galaxy masing-masing melaporkan bahwa asisten digital itu bisa berjalan.

Namun banyak juga yang mengalami masalah, seperti ponsel yang crash serta masalah dengan fungsi voice recognition dan kamera.

Baca: Mengenal Teknologi Bixby dan Pengenal Wajah di Galaxy S8

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com