5 Cara Mempercepat MacBook yang "Lemot"

Kompas.com - 04/04/2017, 20:06 WIB
Apple rilis MacBook paling tipis dan ringan Apple.comApple rilis MacBook paling tipis dan ringan
|
EditorReska K. Nistanto

KOMPAS.com - Adakalanya MacBook yang sudah lama Anda gunakan menjadi lambat alias lemot, dan mulai mengesalkan. Pelambatan seperti ini merupakan sesuatu yang tidak bisa dihindari.

Tetapi bukan berarti pelambatan tersebut tidak ada solusinya. Setidaknya, jika kinerja yang melambat tersebut bukan disebabkan oleh hardware yang mulai rusak, masih ada sejumlah hal yang bisa Anda lakukan untuk mengatasinya.

Sebagaimana dirangkum KompasTekno dari Gizmodo, Selasa (4/4/2017), ada lima hal yang bisa dilakukan untuk mencoba memulihkan kinerja MacBook tersebut. Simak ulasan berikut ini.

1. Matikan auto-start

Ada banyak aplikasi yang bakal otomatis menyala ketika pengguna menyalakan MacBook. Tapi di antara banyak aplikasi tersebut, sebenarnya hanya beberapa saja yang memang benar-benar diperlukan.

Kuncinya, Anda mesti mengidentifikasi aplikasi mana yang memang membutuhkan auto-start bersamaan dengan menyalanya MacBook. Jika sudah menentukan hal tersebut, Anda tinggal mematikan aplikasi auto-start di aplikasi yang tidak begitu penting.

Seleksi semacam itu akan membuat sistem di MacBook akan bekerja lebih efisien dan tidak menghambur-hamburkan daya yang tersedia. Kinerja pun jadi lebih cepat dan mulus.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Anda bisa mematikan auto-start di aplikasi tertentu dengan cara masuk menu System Preferences, pilih User & Group, kemudian pilih Login Items. Berikutnya akan muncul daftar aplikasi apa saja yang otomatis berjalan saat Anda menyalakan MacBook.

Cukup lihat daftar tersebut, pilih nama aplikasi terdaftar lalu tekan tombol “minus” untuk menghentikan auto-start.

2. Hapus data dan aplikasi

Halaman:


Sumber Gizmodo
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.