Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

WhatsApp Bersiap Luncurkan Fitur Pembayaran "Online"?

Kompas.com - 05/04/2017, 06:59 WIB
Fatimah Kartini Bohang

Penulis

Sumber TechCrunch

KOMPAS.com - WhatsApp bakal menghadirkan fitur pembayaran online alias digital payment pada layanan pesan singkatnya. Kabar itu ramai di India yang notabene merupakan negara dengan pengguna WhatsApp terbesar yakni sekitar 200 juta orang.

Menurut sumber, WhatsApp akan menggunakan sistem pembayaran antar-bank milik pemerintah India yang dinamai "UPI". Dengan sistem itu, pengguna WhatsApp bisa melakukan transaksi lintas bank dengan sesama pengguna.

Rencana ini dikatakan bakal terealisasi sekitar enam bulan ke depan. Perwakilan dari WhatsApp pun menanggapi kabar yang terendus sejak beberapa saat lalu.

"India adalah negara yang penting untuk WhatsApp dan kami bisa berkontribusi lebih banyak untuk dunia digital di sana," kata dia, sebagaimana dilaporkan TechCrunch dan dihimpun KompasTekno, Rabu (5/4/2017).

"Kami sedang mengeksplor berbagai kemungkinan untuk bermitra dengan perusahaan yang memiliki kesamaan visi di sana. Kami juga akan terus mendengar masukan pengguna," ia menambahkan.

Pernyataan itu seperti menggantung, tidak serta-merta membenarkan dan tidak pula membantah. Jika ditilik dari beberapa kejadian, hal ini agaknya bukan bualan belaka.

Pasalnya, Facebook yang merupakan "ibu" dari WhatsApp sudah merilis fitur pembayaran online pada layanan chatting Messenger. Saat ini, fitur itu baru berlaku untuk pengguna di Amerika Serikat.

Hal ini mengindikasikan bahwa layanan digital payment dianggap penting oleh Facebook dan kawanannya. Selain itu, co-founder WhatsApp, Brian Acton, juga sempat memberikan petunjuk soal digital payment.

Beberapa saat lalu, dalam kunjungannya ke India untuk bertemu Menteri Teknologi dan Informatika di sana, Acton mengumbar perhatiannya pada layanan pembayaran online.

"Kami dalam tahap awal untuk bekerja sama dengan para penyedia pembayaran," kata dia kala itu. Benar atau tidaknya soal layanan pembayaran online ini bisa diketahui dalam beberapa bulan ke depan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber TechCrunch

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com