Setelah 3 Tahun, Apple Akhirnya Bersiap Perbarui Mac Pro

Kompas.com - 05/04/2017, 14:35 WIB
|
EditorDeliusno

KOMPAS.com - Belakangan Apple gencar memperbarui lini perangkat mobile, mulai dari iPhone, Watch, hingga iPad. Lini lain seakan "dinomorduakan", sebut saja Mac Pro yang merupakan komputer desktop untuk kalangan profesional.

Mac Pro terakhir kali diperbarui sekitar tiga tahun lalu. Head of Marketing Apple, Phil Schiller, berjanji akan menghadirkan versi anyar Mac Pro tahun depan.

"Kami akan mendefinisikan kembali Mac Pro," kata dia, sebagaimana dilaporkan Cnet dan dihimpun KompasTekno, Rabu (5/4/2017).

Ini tentu merupakan berita baik bagi para loyalis Mac Pro. Mereka umumnya berprofesi sebagai seniman grafis atau seniman visual yang membutuhkan performa dan tenaga "kuda" dari komputer buatan Apple.

Salah satu pembaruan pada Mac Pro keluaran 2018 nanti, kata Schiller, terletak pada sistem yang dibuat modular. Dengan begitu, pengguna lebih mudah melakukan upgrade komponen pada komputer.

Selain itu, akan ada peningkatan performa dari segi memori dan pemrosesan. Namun, spesifikasi lengkap dari perangkat workstation sekaligus server komputer tersebut belum diungkap.

Mac Pro yang beredar di pasaran saat ini terbagi dalam dua varian berdasarkan inti pemrosesannya, ada yang quad-core alias empat inti, ada juga yang six-cores atau berinti enam. Ke depan, Schiller mengindikasikan varian Mac Pro akan dilengkapi dengan pemrosesan berinti delapan alias octa-core.

Bersamaan dengan Mac Pro teranyar, Schiller juga mengumumkan bahwa Apple akan memperkenalkan iMac versi baru. Belum banyak kisi-kisi yang disebutkan Schiller soal komputer desktop all-in-one tersebut.

Kita tunggu saja seperti apa kejutan dari Apple tahun depan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber CNET



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.