Tertarik "Smartphone" Lipat Samsung? Tunggu 2019

Kompas.com - 06/04/2017, 06:53 WIB
Ilustrasi ponsel layar lipat BGRIlustrasi ponsel layar lipat
Penulis Oik Yusuf
|
EditorDeliusno

KOMPAS.com - Samsung diketahui mengembangkan layar lipat untuk smartphone. Namun, teknologi tersebut kini masih terus dikembangkan dan baru akan siap dipasarkan pada 2019 mendatang.

Hal tersebut diungkapkan oleh peneliti kepala dari Samsung Display, Kim Tae-woong, dalam sebuah wawancara dengan The Korea Herald.

“Karena display bezel-free penjualannya masih bagus, kami punya cukup waktu untuk mengembangkan layar lipat,” ujar Tae-woong.

“Teknologi ini diperkirakan akan matang pada 2019,” imbuhnya.

Dia mengungkapkan pihak Samsung kini masih menikmati operating profit sebesar 20 persen dari penjualan panel display jenis bezel free.

Ketika penjualan handset bezel free mulai menurun nanti, barulah Samsung akan mengeluarkan layar lipat sebagai andalan berikutnya.

Di samping itu, Tae-woong turut mengatakan bahwa teknologi layar lipat masih harus disempurnakan dari segi teknis sehingga dinilai belum sempurna.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Samsung sebelumnya diketahui sudah beberapa kali memamerkan purwarupa layar lipat, termasuk di pameran Consumer Electronics Show 2013.

Sebagaimana dirangkum KompasTekno dari CNBC, Rabu (5/4/2017) pabrikan Korea Selatan ini turut mematenkan desain layar lipat pada November tahun lalu.

Teknologi layar lipat rencananya akan diterapkan di gadget mobile seperti smartphone dan tablet.

Selain Samsung, pabrikan lain yang diketahui ikut mengembangkan teknologi serupa adalah Lenovo. Pada Juni 2016, Lenovo menunjukkan beberapa prototipe.

Namun, hingga kini, masih belum ada vendor yang siap memasarkan perangkat dengan layar lipat. 

Baca: Samsung Benarkan Ponsel Layar Lipat Segera Hadir

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Sumber CNBC

Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.