Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 06/04/2017, 07:57 WIB
|
EditorDeliusno

KOMPAS.com - Xiaomi akhirnya memperbarui lini tablet buatannya dengan merilis Mi Pad 3. Namun pembaruan tersebut dirilis diam-diam dan hanya menyematkan sedikit perubahan spesifikasi saja dibandingkan Mi Pad 2.

Perilisan perangkat ini bisa dikatakan diam-diam karena tidak ada acara peluncuran khusus. Mi Pad 3 tiba-tiba muncul di situs resmi Xiaomi di China.

Peluncuran "diam-diam" ini dianggap wajar. Pasalnya, Mi Pad 3 tidak mengalami perubahan terlalu signifikan dari seri sebelumnya.

Secara desain Mi Pad 3 benar-benar identik dengan Mi Pad 2. Tablet tersebut menggunakan bahan logam, dirancang unibody, dan memiliki dimensi 200,4 x 132,6 x 7 milimeter. Layar yang digunakan masih tetap berbentang 7,9 inci (1.536 x 2.048 piksel).

Perubahan yang paling signifikan, sebagaimana dilansir KompasTekno dari GSM Arena, Kamis (6/4/2017), datang dari "otak" pemrosesan tablet tersebut.

Mi Pad 3 memakai chipset MediaTek MT8176 dengan inti pemrosesan berupa dua 2,1 GHz Cortex A72 dan empat 1,7 GHz Cortex A53. Chipset ini berpasangan dengan RAM 4 GB, sehingga kinerjanya kemungkinan akan mulus.

Sebelumnya, di Mi Pad 2, Xiaomi menggunakan chipset Intel Atom X5-Z8500. Sedangkan di Mi Pad generasi pertama, perusahaan asal China tersebut menggunakan chipset Tegra K1 bikinan Nvidia.

Xiaomi tidak merilis Mi Pad 3 ini dalam versi Windows. Pengguna hanya akan bisa membeli tablet tersebut dalam versi Android yang sudah dibalut antarmuka MIUI 8. Tapi hingga saat ini belum diketahui Android seri apakah yang digunakan di dalamnya.

Spesifikasi lainnya terdiri dari baterai berkapasitas 6.600 mAh yang dijanjikan sanggup menghidupi tablet hingga 12 jam jika hanya dipakai untuk konten multimedia, kamera utama 13 megapiksel dengan aperture F/2.2, dan memori penyimpanan internal 64 GB tanpa dukungan slot microSD.

Rencananya Mi Pad 3 akan dijual dengan banderol harga 220 dollar AS atau sekitar Rp 2,9 juta. Belum jelas kapan Xiaomi akan benar-benar mulai memasok tablet tersebut ke pasar. Tidak diketahui juga, apakah ia akan hadir di pasar Indonesia atau tidak.

Baca: Xiaomi Jual Mi Pad yang Bisa Jadi Robot Transformers 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Sumber GSM Arena

Video rekomendasi
Video lainnya


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.