Google Pasang Kabel Laut Lewati Jakarta

Kompas.com - 06/04/2017, 10:31 WIB
|
EditorDeliusno

KOMPAS.com - Google mengumumkan telah mengeluarkan investasi untuk pemasangan sistem kabel bawah laut yang bakal menghubungkan internet Asia dengan Australia. Salah satu wilayah yang bakal dilewati kabel tersebut adalah Jakarta, Indonesia.

Proyek kabel laut ini disebut dengan nama Indigo. Selain Jakarta, wilayah lain yang bakal dilalui kabel ini adalah Perth dan Sidney di Australia, serta Singapura. Secara keseluruhan kabel tersebut bakal mencapai panjang 9.000 kilometer.

Informasi yang dilansir KompasTekno dari ZDNet, Kamis (6/4/2017), Google bekerja sama dengan sejumlah operator untuk menjalankan proyek Indigo. Operator tersebut adalah AARNet, Indosat Ooredoo, Singtel, SubPartners, dan Telstra.

Baca: Internet XL Tumbang gara-gara Galian Kabel di Batam?

Sementara itu proses konstruksi kabel bawah laut tersebut bakal ditangani oleh Alcatel Submarine Networks. Rencananya proses konstruksi akan selesai pada pertengahan 2019 mendatang.

Proyek Indigo awalnya akan berupa dua pasang kabel serat optik yang dirancang sanggup memuat kapasitas hingga 18 terabit per detik. Kapasitas tersebut dapat diibaratkan sebagai wadah yang sanggup menampung 8 juta konferensi video memakai Google Hangout dalam resolusi HD.

Google membangun kabel laut Indigo karena mempertimbangkan pesatnya pertumbuhan pengguna internet di kawasan Asia Pasifik.

Dengan adanya kabel tersebut raksasa internet ini juga bisa memuluskan pengembangan layanan Google Cloud, penyediaan tulang punggung untuk layanan cloud publik lain, dan sebagainya. (Baca: Pendanaan Palapa Ring Paket Timur Sudah Terpenuhi)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber ZDNet

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.