Kompas.com - 07/04/2017, 14:01 WIB
Bocoran foto drone DJI Spark (kiri), disandingkan dengan Mavic Pro TechCrunchBocoran foto drone DJI Spark (kiri), disandingkan dengan Mavic Pro
Penulis Oik Yusuf
|
EditorReza Wahyudi

KOMPAS.com - Di dunia drone, Mavic Pro besutan DJI dikenal sebagai drone lipat berukuran rigkas yang ukurannya hanya sedikit lebih panjang dari telapak tangan orang dewasa.

Kini muncul kabar bahwa pabrikan tersebut sedang berencana merilis produk drone bernama “Spark” yang ukurannya bahkan lebih mungil lagi.

Foto-foto drone dimaksud belakangan muncul dan beredar di forum DJI di China. Salah satu foto memperlihatkan Spark bersandingan dengan Mavic Pro sehingga perbandingan ukuran kedua drone bisa tampak jelas.

Beberapa spekulasi beredar mengenai fungsi dan peruntukkan Spark. Ada yang menyebutkan bahwa ia merupakan drone untuk selfie, ada juga yang berpendapat Spark ditujukan sebagai drone balapan.

Berbeda dari Mavic Pro, Spark disinyalir memiliki lengan rotor yang tidak bisa dilipat. Meski demikian, ukurannya masih lebih ringkas dibandingkan Mavic Pro ketika empat lengan drone itu dalam keadaan ditekuk ke luar.

Menurut informasi yang dirangkum KompasTekno dari TechCrunch, Jumat (7/4/2017), di bagian bawah Spark terdapat serangkaian sensor yang mungkin dipakai untuk membantu pemosisian drone saat mengudara.

TechCrunch Bocoran foto drone DJI Spark

Unit kameranya terpasang di gimbal yang bentuknya agak berbeda dibandingkan milik Mavic. Pada Spark, kamera hanya bisa bergerak ke atas dan ke bawah (tilt up-down).

Untuk panning alias menggerakkan kamera ke samping kiri dan kanan, mungkin pengguna mesti memutar seluruh tubuh drone.

Spesifikasi kamera yang dipasang di Spark masih belum diketahui, begitu pula dengan wujud unit remote control yang masih misterius.

Diperkirakan harga Spark nanti akan lebih murah dibandingkan Mavic Pro yang dibanderol di kisaran 1.000 dollar AS atau lebih dari Rp 13 juta.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.