Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 07/04/2017, 19:05 WIB
Reska K. Nistanto

Penulis

KOMPAS.com - Zheng Jiajia, seorang pria berumur 31 tahun asal Hangzhou, China, baru-baru ini dikabarkan menikah dengan robot hasil ciptaannya sendiri.

Ia menciptakan robot dengan postur perempuan yang diberi nama Yingying. Saat ini, robot tersebut memiliki kemampuan yang cukup canggih, seperti mengenal gambar dan berbicara beberapa kata.

Pasangan tersebut dikabarkan baru menikah minggu lalu. Kala itu, Yingying didandani layaknya seorang pengantin wanita, lengkap dengan penutup kepala warna merah.

Dikutip KompasTekno dari Digital Trends, Jumat (7/4/2017), pernikahan itu disaksikan langsung oleh ibu Zheng dan beberapa temannya. Zheng sendiri memutuskan untuk membuat robot untuk dinikahi setelah ia gagal mencari calon istri manusia.

Setelah pernikahan tersebut, Zheng berencana meningkatkan kemampuan robot ciptaannya itu. Contohnya, kemampuan berjalan dan mengerjakan tugas-tugas rumah tangga.

Zheng sebelumnya adalah karyawan perusahaan telekomunikasi multinasional Huawei. Kini ia menjadi pembuat robot dan praktisi kecerdasan buatan (artificial intelligence atau AI).

Sebelum cerita Zheng dan Yingying ini, sebenarnya sudah ada cerita pernikahan yang melibatkan dengan robot. Pernikahan itu bahkan melibatkan sesama robot.

Pada 2015 lalu, saat Mahkamah Agung AS sibuk melegalisasi pernikahan sesama jenis, 100 orang berkumpul di Tokyo untuk menyaksikan pernikahan sesama robot.

Para ahli memprediksi, dengan semakin banyaknya boneka seks robot yang dilengkapi dengan kecerdasan buatan, maka hubungan romantis manusia dengan robot akan makin banyak muncul.

Cerita seperti Zheng dan Yingying seperti ini akan menjadi hal yang biasa dalam beberapa waktu ke depan.

Baca: 2025, Manusia Diramalkan Menikah dengan Robot

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com