Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apple Borong Layar OLED dari Samsung?

Kompas.com - 08/04/2017, 08:47 WIB
Yoga Hastyadi Widiartanto

Penulis

KOMPAS.com - Rumor perihal iPhone 8 mengalir deras belakangan ini. Kabar terbaru seperti ingin mengindikasikan bahwa smartphone berikutnya dari Apple tersebut bakal menggunakan layar OLED.

Kabar yang dimaksud mengungkapkan bahwa Apple telah sepakat untuk memborong panel layar OLED bikinan Samsung. Nah, layar dari Samsung itulah yang digadang-gadang bakal dipakai di iPhone 8.

Sumber menyebutkan bahwa kesepakatan antara Apple dengan Samsung dipatok selama dua tahun. Nilainya pun mencapai 9 miliar dollar Amerika Serikat (AS) atau sekitar Rp 119,9 triliun.

Sebagaimana dilansir KompasTekno dari Phone Arena, Sabtu (8/4/2017), berdasarkan kerja sama itu Samsung mesti memproduksi dan mengapalkan sekitar 70 hingga 92 juta panel layar OLED ke Apple di tahun ini.

Sebelumnya, Apple memang diketahui telah memilih Samsung sebagai satu-satunya pemasok panel OLED untuk iPhone 8. Namun nilai dan informasi lebih jelas mengenai kesepakatan antara kedua raksasa teknologi tersebut baru terungkap belakangan ini.

Samsung juga baru dikabarkan mengeluarkan uang senilai 9 miliar dollar AS untuk urusan pengembangan produksi panel OLED. Keputusan pengembangan tersebut terjadi setelah Apple memesan sekitar 70 juta unit panel OLED melengkung pada Samsung.

Jika bocoran informasi di atas tepat seluruhnya, maka dapat diperkirakan bahwa 40 persen iPhone yang dikapalkan pada 2017 akan memakai layar OLED. Dengan layar dan sejumlah fitur baru di iPhone 8, Apple berharap bisa memecahkan rekor angka penjualan smartphone.

Baca: Demi iPhone, Samsung Siapkan Rp 118 Triliun

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com