Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Naruto Bikin Jokowi Kebingungan

Kompas.com - 08/04/2017, 18:05 WIB
Yoga Hastyadi Widiartanto

Penulis

KOMPAS.com - Ada yang unik dalam program tanya jawab dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi) lewat YouTube kali ini. Dari antara tiga orang penanya, ada seorang anak mengajukan pertanyaan mengenai hokage ke delapan dalam serial animasi Jepang (anime) Naruto.

Pak, saya mau nanya. Siapakah yang menjadi Hokage ke-8 di dalam anime Naruto?” ujar Yadian yang berusia 14 tahun itu.

Lalu apakah Sang Presiden mengenal Hokage ke-8 dan menjawab pertanyaan itu?

Jokowi ternyata tidak mengenal juga kebingungan saat mendengar Naruto atau istilah Hokage ke-8. Jokowi tersenyum geli mendengar pertanyaan nyeleneh Yadian.

Selanjutnya dengan blak-blakan dia mengaku tidak tahu menahu mengenai film Naruto atau Hokage yang ditanyakan anak itu.

Yadian, saya harus ngomong apa adanya ya. Saya nggak tahu Hokage ke-8, saya nggak tahu Naruto. Jadi kalau saya jawab nanti saya malah keliru,” ujar Jokowi.

Jadi tolong, buatin video lagi, jelasin ke saya Hokage ke-8 itu tuh apa? Kemudian Naruto itu siapa?” imbuhnya sambil tertawa.

Sekadar diketahui, Naruto merupakan sebuah komik karya Masashi Kishimoto yang kemudian diangkat menjadi film anime. Sedangkan hokage merupakan julukan yang disandang oleh pemimpin desa ninja dalam dunia Naruto.

Di Indonesia, Naruto merupakan seri yang cukup populer di berbagai kalangan, mulai dari anak-anak SD hingga dewasa. Judul tersebut juga beredar dalam wujud komik dan sempat tayang sebagai film animasi di beberapa stasiun televisi lokal.

Selain Yadian, video yang merupakan bagian dari program Jokowi Menjawab itu juga memuat dua penanya lain, yakni Nur Hikmah Tahir dan Adelia Putri.

Nur bertanya mengenai mana yang lebih baik, apakah menjadi orang baik atau orang pintar. Sedangkan Adelia bertanya mengenai apa tiga kata yang tepat untuk mendefinisikan Indonesia menurut Jokowi.

Jawaban dari Jokowi tersebut dapat dilihat dalam video berjudul "#JOKOWIMENJAWAB EPISODE 2 - Wah, siapakah Hokage ke-8 di dalam anime Naruto?". Video tersebut diunggah ke akun resmi "Presiden Jokowi" di YouTube pada Jumat (7/4/2017).

Sebelumnya, Jokowi membuka sesi tanya jawab melalui YouTube. Semua orang dipersilahkan untuk mengirimkan pertanyaan dalam bentuk video di YouTube. Lantas, pertanyaan terpilih bakal dijawab oleh Jokowi dalam bentuk video seperti ini.

Baca: Jokowi Buka Sesi Tanya Jawab lewat Facebook dan YouTube

Lebih lengkapnya, simak tanya jawab tersebut melalui tautan ini atau pada video di bawah ini:

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com