Ini Dia Pemenang Kompetisi Hackathon AWS Hackday 2017

Kompas.com - 11/04/2017, 15:09 WIB
Tim 4 Marketeers, pemenang AWS Hackday 2017 kategori pelajar KOMPAS.com/Yoga HastyadiTim 4 Marketeers, pemenang AWS Hackday 2017 kategori pelajar
|
EditorDeliusno

SINGAPURA, KOMPAS.com - Amazon Web Services (AWS) mengumumkan pemenang kompetisi Hackday 2017 yang digelarnya di Singapura. Para pemenang tersebut adalah 4 Musketeers yang merupakan pemenang untuk kategori pelajar, serta Singtel dan DareDevils untuk pemenang kategori profesional.

Dalam AWS Hackday 2017, tim 4 Musketeers membuat purwarupa sistem pengelolaan barang dalam gudang dan penyimpanan lain dengan memanfaatkan kamera yang terhubung layanan cloud.

Sementara itu, Singtel membuat sebuah purwarupa bel pintar yang membantu mengamankan rumah. Bel ini terhubung dengan kamera dan teknologi face recognition atau pengenalan wajah untuk mengetahui orang yang berkunjung.

KOMPAS.com/Yoga Hastyadi Tim SingTel, pemenang kategori profesional yang membuat solusi bel pintar

Sedangkan DareDevils membuat solusi pertanian cerdas yang bisa menarik data mengenai kondisi cuaca dan melaporkannya kepada petani. Misalnya saat cuaca hujan, alat tersebut bisa memberi notifikasi sehingga petani bisa merencanakan pengairan dengan lebih efektif.

“Para peserta telah menunjukkan berbagai purwarupa yang menarik dengan memanfaatkan kombinasi hardware, software, dan layanan Amazon Web Service,” tutur Emerging Technologies Solution Architect AWS APAC, Olivier Klein di sela-sela AWS Hackdays 2017, Senin (10/4/2017).

“Masing-masing purwarupa tersebut kami nilai berdasarkan sejumlah aspek. Di antaranya dalah ramah pengguna, nilai inovasi di dalamnya, efektivitas layanan AWS yang digunakan, dan ketepatannya sebagai solusi masalah nyata,” imbuhnya.

KOMPAS.com/Yoga Hastyadi Tim DareDevils, pemenang kategori profesional yang membuat solusi pertanian pintar

Rencana masa depan

Klein mengatakan, di masa yang akan datang AWS bisa saja membantu, apabila para pemenang kompetisi Hackday tersebut ingin mewujudkan purwarupanya menjadi produk yang benar-benar terpakai di dunia nyata. Namun sementara ini fokus hackathon tersebut adalah mendorong inovasi dan pembuatan purwarupa berkualitas.

“Kelanjutannya tergantung dengan keinginan masing-masing tim. Jika mereka menginginkan, bukan tidak mungkin Amazon membantu mewujudkan menjadi produk, misalnya dengan cara membawa mereka ke koneksi yang dibutuhkan,” pungkas Olivier.

Sekadar diketahui AWS Hackday adalah sebuah kompetisi berkonsep hackathon yang menantang pesertanya untuk membuat solusi menggunakan teknologi cloud dan IoT. Acara ini selalu digelar sehari sebelum dibukanya AWS Summit Singapura.

KOMPAS.com/Yoga Hastyadi Perlengkapan yang digunakan dalam AWS Hackday 2017, yakni kamera, Amazon Echo, Amazon Dash, dan seperangkat chipset Intel Edison

Pada 2017 ini total terdapat 22 tim yang turut serta bertanding. Masing-masing berupaya membuat purwarupa menggunakan kombinasi hardware, software, dan layanan cloud yang ditawarkan oleh AWS.

Masing-masing tim yang menang dalam kompetisi tersebut mendapatkan hadiah berupa Amazon Kindle Fire, Amazon Dash atau IoT Button, dan voucher Amazon senilai 100 dollar Amerika Serikat.

Baca: Amazon Gelar Kompetisi Hackday, Fokus ke Teknologi Cloud dan IoT

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X