Telkom IndiHome Segera Cabut Pemblokiran Netflix

Kompas.com - 12/04/2017, 13:16 WIB
Netflix menyediakan aneka judul film dan serial TV NetflixNetflix menyediakan aneka judul film dan serial TV
Penulis Oik Yusuf
|

KOMPAS.com - Telkom Group sudah memblokir akses ke layanan streaming video on-demand Netflix selama lebih dari setahun sejak Januari 2016.

Namun, belakangan, sikap operator telekomunikasi terbesar di Indonesia itu mulai melunak. Telkom menyatakan akan segera mencabut pemblokiran akses terhadap Netflix setelah sebelumnya berhasil mencapai “kesepahaman” yang saling menguntungkan.

Kesepahaman dimaksud antara lain kesediaan pihak Netflix untuk memenuhi ketentuan yang berlaku untuk layanan VoD di Indonesia, seperti menyensor konten yang ditayangkan.

Baca: Ini Alasan Telkom Memblokir Netflix

Soal konten yang dinilai rawan pornografi dan kekerasan memang menjadi salah satu alasan Telkom untuk memblokir Netflix dari semua layanannya, termasuk internet broadband IndiHome dan operator seluler Telkomsel.

“Kalau sudah sesuai, maka tidak perlu bagi Telkom untuk memblokir Netflix,” ujar Direktur Consumer Service PT Telkom, Dian Rachmawan, dalam keterangan tertulis yang diterima KompasTekno, Rabu (12/4/2017).

Selain itu, peyedia layanan online dari luar negeri seperti Netflix juga diwajibkan bekerja sama dengan operator seluler lokal Indonesia dan berbadan hukum tetap.

Pencabutan blokir Telkom terhadap Netflix berlaku untuk semua layanan Grup Telkom. Saat sudah dicabut nanti, maka pengguna layanan Telkom seperti IndiHome dan operator seluler Telkomsel akan bisa kembali mengakses Netflix.

Kendati demikian, pihak Telkom belum memastikan kapan tepatnya pemblokiran atas Netflix akan dicabut. “Nanti akan kami infokan lagi,” ujar VP Consumer Marketing & Sales Telkom, Jemy V. Confido, saat dihubungi KompasTekno.

Baca juga:

_ Diblokir Telkom, Ini Kata Netflix

- Film di Netflix Kini Bisa Disimpan di Komputer



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X