Operator Lain Geber 4,5G, Tri Masih Nyaman 4G

Kompas.com - 12/04/2017, 19:00 WIB
|
EditorDeliusno

JAKARTA, KOMPAS.com - Operator telekomunikasi di Indonesia mulai menggeber jaringan 4,5G. Setidaknya Telkomsel, XL Axiata, dan Indosat sudah memperkenalkannya beberapa saat lalu.

Menurut para operator, pemerintah sendiri yang mendorong implementasi jaringan 4,5G. Keputusan itu diambil untuk menyambut perhelatan Asian Games 2018, di mana Indonesia menjadi tuan rumah, tepatnya di Jakarta dan Palembang.

Meski demikian, Hutchison Tri mengaku belum berencana turut menggelar 4,5G. Menurut Head of Brand Communication Tri Indonesia, Fahroni Arifin, pihaknya masih ingin fokus memaksimalkan potensi 4G.

"4G sendiri kalau dimaksimalkan sudah luar biasa. Pertanyaannya apakah semua operator yang punya teknologi 4G sudah optimal?" kata dia usai peluncuran aplikasi Aladin dan kerja sama Tri dengan MovieBay di Jakarta, Rabu (12/4/2017).

Baca: Tri Rilis Aladin, Aplikasi untuk Milenial yang Doyan Belanja Online

Fahroni juga menegaskan bahwa jaringan 4,5G sejatinya masih berkutat pada teknologi 4G. Istilah 4,5G atau 4G, kata dia, cuma soal nomenklatur atau penamaan.

"Yang penting experience bagi pengguna seperti apa," ujarnya.

Memanfaatkan berbagai teknologi jaringan

Diketahui, migrasi dari 4G ke 4,5G memang tak seperti peralihan dari 3G ke 4G yang membutuhkan infrastruktur dan teknologi baru. Pengguna pun tak harus mengganti kartu SIM untuk menikmati 4,5G jika sebelumnya sudah memanfaatkan jaringan 4G.

Pada hakikatnya, 4,5G merupakan optimalisasi dari 4G dengan berbagai macam teknologi. Antara lain dengan carrier aggregation, massive multiple-in-multiple-out (MIMO), hingga cellular/WiFi aggregation.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.