Kompas.com - 13/04/2017, 14:45 WIB
Penulis Deliusno
|
EditorReska K. Nistanto

KOMPAS.com - Seberapa kuatkah spesifikasi hardware yang diusung Galaxy S8? Ternyata smartphone flagship terbaru Samsung itu bisa menjalankan game konsol lawas Gamecube bikinan Nintendo.

Kemampuan tersebut dibuktikan oleh YouTuber dengan channel bernama GuruAidTechSupport.

Menggunakan emulator bernama Dolphin, ia berhasil menjalankan tiga game dari konsol tersebut, yakni Super Smash Bros Melee, Super Mario Sunshine, dan Legend of Zelda: Wind Waker.

Emulasi dari Galaxy S8, seperti terlihat di video, berjalan sangat mulus dan responsif.

Sebagaimana KompasTekno rangkum dari Business Insider, Kamis (13/4/2017), menjalankan emulasi seperti di Galaxy S8 itu sebenarnya tidak mudah.

Pasalnya, dibutuhkan kerja keras dari seluruh hardware yang ada dalam perangkat untuk meniru cara kerja mesin Nintendo. Jika tidak cukup kuat, perangkat dipastikan tidak akan bisa menjalankan proses emulasi tersebut.

Galaxy S8 sendiri saat ini belum dijual di pasaran. Lantas, darimana GuruAidTechSupport menjalankan emulasi tersebut? Lucunya, ia melakukan pengujian di gerai Target yang sedang memamerkan Galaxy S8.

Ia menginstalasi emulator Dolphin di perangkat yang sedang dipajang di gerai itu. Para pegawai sendiri dikatakan mencurigai aktivitas dari YouTuber itu. Tapi toh GuruAidTechSupport berhasil merekam semua emulasi tersebut.

Galaxy S8 sendiri dibekali dengan chip Exynos 8895, RAM 4 GB, memori internal 64 GB, baterai 3.000 mAh (Galaxy S8) atau 3.500 mAh (Galaxy S8 Plus), berikut kamera 12 megapiksel dan 8 megapiksel dengan fitur autofocus (AF) di bagian depan.‎

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.