Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pengguna iPhone 5 dan 5C Terancam Tak Bisa Update iOS Baru

Kompas.com - 13/04/2017, 15:31 WIB
Oik Yusuf

Penulis

Sumber BGR

KOMPAS.com - Apple bersiap merilis update sistem operasi mobile terbarunya, iOS versi 10.3.2. OS teranyar itu nantinya tidak akan bisa berjalan di perangkat iPhone 5, iPhone 5C, serta gadget Apple lain yang lebih tua.

Hal ini dikarenakan iOS 10.3.2 hanya bisa digunakan oleh perangkat dengan chip 64-bit. Sementara, iPhone 5 dan iPhone 5C masih menggunakan chip 32-bit. Prosesor 64-bit Apple (A7) pertama kali ditanamkan di iPhone 5S pada 2013.

Informasi di atas diketahui dari dua rilis beta iOS 10.3.2 yang hanya menyertakan dukungan untuk perangkat-perangkat iOS 64-bit.

Artinya, para pengguna iPhone 5 dan iPhone 5C yang jumlahnya diperkirakan mencapai kisaran 43 juta di seluruh dunia tak bakal lagi kebagian update iOS mulai versi 10.3.2 ke atas.

Hal ini di luar kebiasaan Apple. Biasanya, perusahaan berlambang buah apel tergigit itu hanya menyetop dukungan untuk perangkat lawas setiap kali ada perubahan versi besar-besaram yang dirilis pada September, bersama dengan kemunculan iPhone baru.

Sebelumnya, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari BGR, Kamis (13/4/2017), sempat pula diberitakan bahwa aplikasi-aplikasi iOS lawas yang masih berjalan dengan mode 32 bit tidak akan bisa bekerja di iOS mulai versi 11 nanti.

Diperkirakan sebanyak 187.000 aplikasi di App Store tidak akan bisa berjalan di iOS versi baru lantaran hal tersebut.

Selain iPhone, untuk para pengguna iPad, iOS 10.3.2 turut diberitakan hanya bisa berjalan pada model iPad Mini 2 dan iPad Air atau lebih baru yang sudah menggunakan chip 64-bit.

Baca: iPhone Lebih Stabil dari Android, Benarkah?

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber BGR
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com