Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Modal Rp 4 Juta, Pria Ini Rakit iPhone 6S Sendiri

Kompas.com - 13/04/2017, 17:14 WIB
Fatimah Kartini Bohang

Penulis

Sumber Mashable

KOMPAS.com - “Saya penasaran apakah kamu bisa merakit sendiri iPhone milikmu,” kata seseorang yang ditemui Scotty Allen dalam acara makan-makan santai dengan sekumpulan pecinta teknologi di Shenzhen, China. Kalimat itu barangkali hanya gurauan, namun Allen merasa tertantang.

Iya ingin menguji dirinya sendiri apakah mampu merakit iPhone secara manual atau tidak. Sebagai disclaimer, Allen dulunya merupakan engineer di Silicon Valley, sehingga tak benar-benar "mentah" untuk urusan teknologi.

Saat ini ia menghabiskan waktu untuk mengeksplor dunia atau biasanya disebut sebagai full-time traveler. Ia telah menginjakkan kaki di beberapa tempat.

Untuk sementara, ia bermukim di Shenzhen yang notabene merupakan salah satu daerah industri terbesar di China. Komponen-komponen perangkat elektronik tersedia di sana.

Allen pun memutuskan untuk mencari komponen iPhone 6S yang ia butuhkan di Huaqiangbei Market. Ada empat komponen utama yang ia beli, yakni layar, baterai, papan chipset, serta baterai.

Ia sengaja merakit iPhone 6S, sebab ponselnya sekarang adalah iPhone 6S. Dengan begitu, ia bakal lebih mudah membandingkan iPhone rakitannya dengan iPhone yang ia beli di toko komersil.

Alasan kedua, komponen iPhone 7 masih sulit didapat di toko-toko karena terhitung baru. Flagship tersebut baru meluncur pada September 2016 atau kira-kira enam bulan lalu.

Baca: Menerka Harga iPhone 8, Bakal Semahal Apa?

Allen berhasil membeli komponen yang ia perlukan dengan merogoh kocek sekitar 300 dollar AS atau Rp 4 jutaan. sebagaimana dilaporkan Mashable dan dihimpun KompasTekno, Kamis (13/4/2017).

Sebagai perbandingan, iPhone 6S varian paling standar dijual dengan harga pasar 549 dollar AS atau kira-kira Rp 7,3 jutaan.

Memang, komponen-komponen yang dibeli Allen bisa dibilang bukan komponen terbaik. Ia membeli layar yang sudah rusak lantas ia bongkar dan dipasang kembali dengan bagian baru.

Allen juga tak bisa menyolder sendiri papan chipset-nya dengan perintilan-perintilan yang terpisah-pisah. Alhasil, ia membeli papan chipset yang sudah jadi, lengkap dengan sensornya.

Baterai adalah komponen yang paling gampang diperoleh, bahkan harganya sangat murah yakni 5 dollar AS atau sekitar Rp 66.000-an.

Bodi iPhone dipilih yang berwarna Rose Gold dengan logo Apple terpatri di belakang. Allen yakin bodi yang ia pilih benar-benar baru, bukan komponen bekas.

“Tak ada bekas goresan di dalam maupun luar bodi, saya yakin ini bukan dari ponsel yang sudah digunakan,” ia menuturkan.

Akhir kata, Allen berhasil menjawab “tantangan” dari teman baru yang ia temui di acara makan-makan santai. Ia pun bangga dengan dirinya sendiri karena ternyata bisa merakit iPhone 6S.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Mashable



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com