Kompas.com - 16/04/2017, 08:47 WIB
|
EditorOik Yusuf

KOMPAS.com - Ada kalanya YouTube menjadi satu-satunya sumber hiburan, ketika pekerjaan sedang menjemukan atau kehidupan sosial sedang tak begitu menarik. Namun, menonton YouTube terus-menerus di layar desktop atau smartphone tak baik bagi kesehatan mata.

YouTube agaknya menyadari hal ini, sehingga membuat pengaturan antarmuka berwarna gelap untuk layanannya yang disebut "Dark Mode". Antarmuka tersebut tersedia hanya untuk desktop melalui peramban Google Chrome.

Anda bisa menikmati antarmuka YouTube yang serba hitam agar mata tak terlalu lelah menyerap layar terang terus-menerus. Lantas, bagaimana cara mengaktifkan pengaturan ini?

YouTube belum secara terang-terangan menyediakan Dark Mode. Langkah pengaktifannya lumayan ribet. Pertama, pastikan peramban Chrome milik Anda sudah diperbarui ke versi baru, mulai dari Chrome 57 ke atas.

Selanjutnya, buka halaman YouTube dan tekan "Ctrl + Shift + I". Jika komputer Anda adalah Mac, tekan "Option + Command + I", sebagaimana dilaporkan TheVerge dan dihimpun KompasTekno, MInggu (16/4/2017).

Ketika muncul layar tambahan untuk developer, pindahkan teks ini document.cookie="VISITOR_INFO1_LIVE=fPQ4jCL6EiE" lalu tekan "Enter".

Langkah terakhir, tutup tab developer lalu perbarui alias refresh halaman YouTube. Anda akan melihat antarmuka yang sedikit berbeda.

Yang paling menonjol, ketika menekan pengaturan di sisi kanan atas, Anda bakal melihat opsi "Dark Mode". Tekan untuk mengaktifkan atau menonaktifkan mode gelap ini. Selamat mencoba!

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber The Verge
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.