Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Mengaktifkan "Mode Gelap" Tersembunyi di YouTube

Kompas.com - 16/04/2017, 08:47 WIB
Fatimah Kartini Bohang

Penulis

Sumber The Verge

KOMPAS.com - Ada kalanya YouTube menjadi satu-satunya sumber hiburan, ketika pekerjaan sedang menjemukan atau kehidupan sosial sedang tak begitu menarik. Namun, menonton YouTube terus-menerus di layar desktop atau smartphone tak baik bagi kesehatan mata.

YouTube agaknya menyadari hal ini, sehingga membuat pengaturan antarmuka berwarna gelap untuk layanannya yang disebut "Dark Mode". Antarmuka tersebut tersedia hanya untuk desktop melalui peramban Google Chrome.

Anda bisa menikmati antarmuka YouTube yang serba hitam agar mata tak terlalu lelah menyerap layar terang terus-menerus. Lantas, bagaimana cara mengaktifkan pengaturan ini?

YouTube belum secara terang-terangan menyediakan Dark Mode. Langkah pengaktifannya lumayan ribet. Pertama, pastikan peramban Chrome milik Anda sudah diperbarui ke versi baru, mulai dari Chrome 57 ke atas.

Selanjutnya, buka halaman YouTube dan tekan "Ctrl + Shift + I". Jika komputer Anda adalah Mac, tekan "Option + Command + I", sebagaimana dilaporkan TheVerge dan dihimpun KompasTekno, MInggu (16/4/2017).

Ketika muncul layar tambahan untuk developer, pindahkan teks ini document.cookie="VISITOR_INFO1_LIVE=fPQ4jCL6EiE" lalu tekan "Enter".

Langkah terakhir, tutup tab developer lalu perbarui alias refresh halaman YouTube. Anda akan melihat antarmuka yang sedikit berbeda.

Yang paling menonjol, ketika menekan pengaturan di sisi kanan atas, Anda bakal melihat opsi "Dark Mode". Tekan untuk mengaktifkan atau menonaktifkan mode gelap ini. Selamat mencoba!

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber The Verge
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com