Kompas.com - 16/04/2017, 12:42 WIB
Ilustrasi Apple Car GizmodoIlustrasi Apple Car
|
EditorOik Yusuf

KOMPAS.com - Akhir 2016 lalu, beredar kabar bahwa Apple gagal mengembangkan mobil tanpa sopir alias self-driving car. Pasalnya, tim proyek yang dinamai "Titan" tersebut satu per satu hengkang karena masalah internal.

Menurut beberapa sumber dalam, Apple memang tak jadi mengembangkan perangkat mobilnya, namun masih bersikukuh untuk membuat software bagi self-driving car.

Berselang beberapa bulan setelah desas-desus itu, kini Apple malah mendapat lampu hijau alias izin untuk menguji coba self-driving car di California, AS. Hal ini diketahui dari situs resmi California Department of Motor Vehicles, sebagaimana dihimpun KompasTekno, Sabtu (15/4/2017), dari Cnet.

Apple merupakan pabrikan terakhir yang mendapat izin dari pemerintah setempat. Sebelumnya, beberapa perusahaan seperti Uber, Bosch, Mercedes-Benz, dan Tesla, telah mengantongi izin serupa.

Hingga kini pabrikan Cupertino itu masih tutup mulut soal dokumen izin yang dirilis pemerintah setempat. Belum jelas apakah mobil yang diuji coba itu benar-benar dikembangkan Apple, atau mobil milik pihak ketiga dengan software yang dikembangkan oleh Apple.

Menurut selentingan kabar, izin yang diterima Apple sekaligus mencakup mobil Lexus RX450h. Model itu persis dengan yang digunakan startup mobil tanpa sopir "Waymo", ketika hendak menguji sistemnya.

"Kami memang punya rencana investasi di mobil tanpa sopir," hanya itu yang dijawab perwakilan Apple ketika dikonfirmasi. Ia seakan tak membantah, tapi juga tak juga membenarkan informasi dari sumber dalam.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Sumber CNET
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.