4 Cara Hindari Mata Lelah akibat Terpapar Layar

Kompas.com - 17/04/2017, 19:39 WIB
Karyawan melihat layar pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) di Bursa Efek Indonesia, Jakarta, Senin (13/3/2017). KOMPAS.com / GARRY ANDREW LOTULUNGKaryawan melihat layar pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) di Bursa Efek Indonesia, Jakarta, Senin (13/3/2017).
|
EditorReska K. Nistanto

KOMPAS.com - Bekerja di depan layar komputer terus-menerus bisa menyebabkan mata kelelahan. Belum lagi ditambah layar smartphone yang selalu menggoda untuk ditengok setiap saat.

Ada beberapa ciri yang mengindikasikan mata Anda sudah terlalu lama terpapar layar perangkat elektronik. Antara lain, mata terasa berat, penglihatan sedikit kabur, bahkan bisa menyebabkan sakit kepala.

Sindrom ini kerap pula dinamai sebagai computer vision syndrome. Lebih dari 60 persen warga Amerika Serikat sekarang mengalami sindrom tersebut. Tak sulit terkena sindrom itu, hanya perlu dua jam tanpa henti melihat layar, baik dari komputer, smartphone, televisi, tablet, atau layar elektronik lain.

Untungnya, ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk meminimalisir ketidaknyamanan akibat paparan layar sepanjang hari. Berikut beberapa tipsnya, sebagaimana dihimpun KompasTekno, Senin (17/4/2017) dari BusinessInsider.

1. Perbesar teks

Bagi pengguna smartphone, sebaiknya Anda menyetel ukuran huruf alias font menjadi besar. Atur pula warna dan kontras yang paling nyaman bagi Anda.

Pasalnya, ukuran huruf kecil akan membuat mata Anda bekerja dobel untuk membaca. Ini juga membuat jarak mata dengan layar lebih dekat sehingga menimbulkan sakit kepala jika dilakukan dalam waktu lama.

2. Berkedip

Ketika terlalu fokus melihat hal-hal di depan layar komputer atau smartphone, seringkali kita lupa berkedip. Alhasil, mata jadi kering sehingga cepat lelah dan kemerahan.

Anda tak perlu mengingat harus berkedip berapa kali dalam periode tertentu. Tapi, sebaiknya jadikan kedipan mata sebagai kebiasaan sehingga bisa dilakukan tanpa sadar.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X