Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Google Photos Bisa Perbaiki Video Goyang

Kompas.com - 18/04/2017, 06:53 WIB
Fatimah Kartini Bohang

Penulis

Sumber BGR

KOMPAS.com - Beberapa smartphone sudah menyediakan fitur stabilisator untuk membantu pengguna membidik gambar dan merekam video secara mulus tanpa ada goyah alias shaky effect. Namun, masih banyak orang yang harus menerima kenyataan bahwa hasil video mereka goyah.

Untuk menyiasatinya, Google Photos menambahkan fitur stabilisator pada layanan penyimpanan konten visualnya. Dinamai "Stabilize", fitur itu sudah dikembangkan sejak Agustus lalu dan baru dikomersilkan sekarang, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari BGR, Selasa (18/4/2017).

Cara menggunakan Stabilize cukup mudah. Pengguna hanya perlu memperbarui Google Photos ke versi teranyar lewat toko aplikasi Google Play Store maupun Apple App Store, lalu buka aplikasi tersebut seperti biasa.

Selanjutnya, pilih video goyah yang ingin distabilkan, lantas tekan ikon pensil (pen) pada sisi bawah untuk mengedit konten. Jika video itu cuma ada di Google Photos dan tak ada di galeri smartphone, maka aplikasi akan mengunduhnya terlebih dahulu.

Setelah itu, pada pengeditan akan muncul opsi "Stabilize" di sisi kiri bawah, berdampingan dengan opsi "Rotate". Anda cukup menekan "Stabilize" dan Google Photos akan memproses video untuk membuatnya stabil.

Durasi pemrosesan video tergantung dari durasi video Anda. Pantauan KompasTekno, video berdurasi sembilan detik membutuhkan waktu sekitar 15 detik untuk membuatnya stabil.

Baca: Pakai Google AutoDraw, Gambar Acak-acakan Disulap Jadi Rapi

Untuk melihat seperti apa hasil dari video yang di-Stabilize oleh Google Photos, berikut contoh video perbandingannya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber BGR


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com