Kompas.com - 18/04/2017, 17:05 WIB
Penulis Deliusno
|
EditorReska K. Nistanto

KOMPAS.com - Andy Rubin, sang bapak Android, diketahui sedang berambisi membuat smartphone high-end. Perangkat itu dikatakan bakal menjadi "lawan" sepadan bagi Apple iPhone, Google Pixel, dan Samsung Galaxy S8.

Berbagai bocoran seputar perangkat tersebut pun sudah muncul ke dunia maya. Salah satu yang terbaru membeberkan spesifikasi perangkat berkat kemunculannya di database aplikasi benchmark GFX Bench.

Berdasarkan database tersebut, diketahui bahwa perangkat bikinan Rubin itu memiliki nama kode Essential FIH-PM1. Essential sendiri merupakan nama perusahaan yang didirikan oleh Rubin.

Smartphone berbasis Android ini dikatakan akan memiliki layar berbentang 5,5 inci. Menurut situs GFX Bench, layar tersebut mendukung resolusi 1.312 x 2.560. Aspek rasionya 80:41.

"Jeroannya" sendiri termasuk kelas atas, seperti chipset terkuat Qualcomm saat ini, yakni Snapdragon 935. Chipset tersebut di antaranya terdiri dari CPU 2,2 GHz dan GPU Adreno 540.

Selain itu, masih menurut laman GFX Bench, FIH-PM1 bakal dilengkapi RAM 4 GB dan media penyimpanan berkapasitas 16 GB, kurang begitu besar untuk ukuran smartphone high-end.

Di bagian belakang, terdapat kamera 12 megapiksel. Sementara itu, di bagian depan terdapat kamera 8 megapiksel. Produk ini akan menjalankan sistem operasi Android 7.0 "Nougat".

Dilaporkan, sebagaimana KompasTekno rangkum dari Phone Arena, Selasa (18/4/2017), smartphone ini juga menawarkan kemampuan modular.

Perangkat ini sendiri kabarnya akan diproduksi oleh Foxconn. Oleh karena itulah, produk ini dinamakan FIH (singkatan dari Foxconn International Holdings). Produk misterius bikinan Rubin ini kabarnya sudah akan dirilis pada pertengahan tahun 2017.

Baca: Inikah Wujud Asli Xiaomi Mi Max 2, Android dengan Baterai 5.000 mAh?

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.