Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Foto "Jari Bertinta" di Media Sosial, Tebar Harapan dan Guyonan

Kompas.com - 19/04/2017, 12:59 WIB
Fatimah Kartini Bohang

Penulis

KOMPAS.com - Warga DKI Jakarta berbondong-bondong membagikan foto jari bertinta pada hari ini, Rabu (19/4/2017). Foto itu menandakan mereka telah berpartisipasi dalam pesta demokrasi daerah, yakni Pilkada putaran kedua.

Di Instagram, tak kurang dari 87.000-an foto dengan tanda pagar (tagar) #pilkadadki memperlihatkan foto jari bertinta. Di Twitter dan Facebook pun momen serupa ramai disebar.

Para netizen tak lupa membubuhi foto jari bertinta dengan caption yang nuansanya beragam. Ada yang mengajak untuk turut memilih, memberi tahu pemimpin pilihan mereka, hingga menyuarakan doa dan harapan untuk Ibu Kota yang lebih baik.

"1 menit untuk 5 tahun!! Jangan lupa gunakan hak pilih, untuk 5 tahun kota Jakarta yang lebih baik," kata netizen Instagram bernama @andritany.

Instagrammer dengan akun @maeza_2000 memamerkan selfie dirinya dengan jari kelingking yang bertinta. Di sampingnya, sang ibu pamer tiga jari dengan salah satunya bertinta.

Caption foto @maeza_2000 mengindikasikan dirinya dan sang ibu berbeda pilihan namun tetap bisa becanda dan berdampingan. Ia menunjukkan semangat bhinneka tunggal ika yang kental.

"Tidak! Itu bukan tangan saya, tapi tangan ibu! Becanda setelah memilih. Bukankah seru untuk tetap berdampingan walaupun kami beda pilihan?" begitu tertera pada caption fotonya.

Tak melulu serius, ada juga yang berguyon sembari memamerkan jari bertintanya. Misalnya saja akun Instagram bernama @angelkiemeney yang memamerkan sepuluh jari tangannya.

Ujung kelingking sebelah kanannya dilumuri tinta, sementara kelingking kirinya agak kemerahan. Agaknya kelingking kiri @angelkiemeney sedang sakit dan ia hendak diurut oleh tukang urut Haji Naim yang terbilang kondang.

"Kelingking kanan biru tinta setelah nyoblos, kelingking kiri biru (cenderung merah) sebelum diurut. For better future lah dua2nya!" kata @angelkiemeney.

 

Kelingking kanan biru tinta setelah nyoblos, kelingking kiri biru (cenderung merah) sebelum diurut. For better future lah dua2nya!

A post shared by Anastasia Angeline Kiemeney (@angelkiemeney) on Apr 18, 2017 at 8:48pm PDT

 

Selebritas Twitter dengan akun @victorkamang juga membubuhi candaan pada foto kertas suara yang ia pamerkan.

"Surat suara bentuknya: kotak. Tempat penyimpanan surat suara bentuknya: kotak. INI JELAS KELIATAN KE-BER-PI-HA-KAN KPUD," kata dia.


Ada juga seorang netizen bernama @hesidz yang mengajak semua warga untuk memilih pemimpin pilihan masing-masing secara damai. Ia mengunggah foto kelingking bertinta yang latarnya memperlihatkan pin bertuliskan "love".

"#NyoblosTanpaRusuh #PilkadaDKI," kata dia.

 

 

Sejumlah selebritas Tanah Air pun tak mau ketinggalan nimbrung di keramaian Pilkada DKI putaran kedua. Artis peran Laudya Cynthia Bella memilih mengunggah konten boomerang ketika ia memasukkan kertas suara ke kotak suara.

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com