Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Belanja Impulsif Produk Xiaomi di Mi Home Beijing

Kompas.com - 19/04/2017, 16:38 WIB
Reza Wahyudi,
Deliusno

Tim Redaksi

BEIJING, KOMPAS.com - Membeli sesuatu tanpa rencana atau lebih dikenal dengan sebutan belanja impulsif tidak disarankan untuk dilakukan. Namun, saran tersebut sepertinya sulit dipatuhi saat mengunjungi toko ritel Mi Home di Beijing.

Toko ritel Xiaomi tersebut terbukti sanggup menggoda para awak media dari berbagai negara, seperti Indonesia, Rusia, Vietnam, Singapura, dan Malaysia untuk berbelanja. Padahal rencana awal rombongan media hanya untuk melakukan kunjungan ke Mi Home yang terletak di salah satu pusat perbelanjaan di Beijing tersebut.

Xiaomi mengundang rombongan jurnalis tersebut ke Beijing dalam rangka peluncuran smartphone Mi 6 yang akan digelar hari ini, Rabu (19/4/2017).

Belanja implusif pun dilakoni jurnalis dari Indonesia. Harga yang lebih murah, produk yang unik, dan tidak tersedia di tanah air menjadi alasan yang dikemukakan oleh para rekan jurnalis.

"Tadinya cuma lihat-lihat saja tapi begitu masuk banyak produk yang menarik dan lebih murah dari Indonesia. Saya akhirnya beli headphone dan beberapa barang titipan," ujar rekan jurnalis dari sebuah media online.

Suasana di dalam Mi HomeKOMPAS.com/Reza Wahyudi Suasana di dalam Mi Home

Sebagai gambaran perbandingan harga, smartphone Xiaomi Redmi Note 4 di Mi Home Beijing dijual dengan harga 999 RMB (sekitar Rp 1,9 juta). Sedangkan produk yang di Indonesia dibanderol Rp 2,4 juta.

Rekan jurnalis dari Ponselmu.com, Herry SW pun melakukan praktik belanja impulsif dengan membeli lapisan pelindung untuk Redmi Note 4. Menurut Herry, pelindung layar Redmi Note 4 yang pernah dibelinya di Indonesia ukurannya tidak presisi. (Baca: Menengok Xiaomi Redmi Note 4, Android dengan Baterai 4.100 mAh)

Selain itu, pria yang berdomisili di kota Surabaya ini juga membeli mouse dan sejumlah aksesori lain.

"Saya awalnya cuma mau beli mouse dan screen protector. Tapi waktu mau bayar, saya lihat di kasir ada yang unik dan murah," kata Herry.

Ia akhirnya memboyong produk tambahan, yaitu pulpen Xiaomi dan adapter USB type C ke microUSB dengan harga 5 RMB (sekitar Rp 9.700).

Pembelian paling masif dilakoni seorang jurnalis dari Rusia. Ia membeli cukup banyak barang, mulai dari tas ransel, smartphone, hingga ketel perebus air Xiaomi.

"Kesempatan langka bisa berkunjung ke Beijing dan Mi Home. Selain itu, produk-produk di Mi Home ini tidak dijual di negara saya. Saya pun tidak ragu-ragu untuk memborongnya. Hahaha," ujarnya saat ditanya KompasTekno.

Pemandangan di sudut lain Mi HomeKOMPAS.com/Reza Wahyudi Pemandangan di sudut lain Mi Home

Kesempatan kunjungan ke Mi Home ini juga dimanfaatkan untuk membeli beberapa produk, salah satunya baterai portabel berkapasitas 5.000 mAH. Powerbank ini menarik perhatian karena sangat tipis dan dimensinya seukuran ponsel 4 inci. Harganya 59 RMB atau sekitar Rp 115.000). 

KompasTekno telah merekam suasana dan produk-produk yang dijual di Mi Home Beijing. Simak foto-fotonya di galeri melalui tautan ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com