Kompas.com - 19/04/2017, 17:45 WIB
Logo Windows 7 MicrosoftLogo Windows 7
Penulis Oik Yusuf
|
EditorReska K. Nistanto

KOMPAS.com - Microsoft diketahui berencana memblokir instalasi update Windows 7 dan Windows 8.1. Hal itu akan dilakukan Microsoft di komputer-komputer yang memakai prosesor baru, yakni Intel “Kaby Lake” (Core generasi ke-7) dan AMD Ryzen.

Minggu lalu, raksasa software tersebut dilaporkan mulai menerapkan rencana itu. Komputer dengan prosesor Kaby Lake dan Ryzen benar-benar dibuat tidak bisa memasang update terbaru apabila menjalankan Windows 7 atau 8.1.

Saat coba melakukan update, pengguna PC Kaby Lake atau Ryzen yang menggunakan salah satu OS di atas akan disambut prompt berjudul “Unsupported Hardware”.

“PC Anda menggunakan prosesor yang didesain untuk versi terbaru Windows. Prosesor ini tidak didukung oleh versi Windows yang Anda gunakan,” bunyi pesan di dalam prompt yang bersangkutan, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari ArsTechnica, Rabu (19/4/2017).

Meski demikian, pengguna PC dengan prosesor yang lebih lawas seperti seri Sky Lake (Core generasi ke-6) dari Intel tetap bisa memasang update untuk Windows 7 dan 8.1. Hanya Kaby Lake dan Ryzen atau yang lebih baru saja yang tidak bisa.

Kenapa pula Microsoft tak mau mendukung prosesor baru di Windows lawas? Perusahaan tersebut beralasan Kaby Lake dan Ryzen memiliki serangkaian kapabilitas baru yang sulit dijaga kompatibitasnya dengan OS lama.

Windows 7, misalnya, diketahui tak memiliki dukungan built-in untuk USB 3 dan NVMe. Namun, khusus untuk Windows 8.1, Microsoft sebenarnya masih memberikan mainstream support hingga Januari 2018. Pengguna seharusnya tetap menerima update hingga waktu tersebut, entah menggunakan prosesor baru atau lama. 

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca: Intel Resmikan Prosesor Core i Generasi ke-7 ?Kaby Lake?

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.