Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

PC Berprosesor Baru Tak Bisa Update Windows Lawas

Kompas.com - 19/04/2017, 17:45 WIB
Oik Yusuf

Penulis

KOMPAS.com - Microsoft diketahui berencana memblokir instalasi update Windows 7 dan Windows 8.1. Hal itu akan dilakukan Microsoft di komputer-komputer yang memakai prosesor baru, yakni Intel “Kaby Lake” (Core generasi ke-7) dan AMD Ryzen.

Minggu lalu, raksasa software tersebut dilaporkan mulai menerapkan rencana itu. Komputer dengan prosesor Kaby Lake dan Ryzen benar-benar dibuat tidak bisa memasang update terbaru apabila menjalankan Windows 7 atau 8.1.

Saat coba melakukan update, pengguna PC Kaby Lake atau Ryzen yang menggunakan salah satu OS di atas akan disambut prompt berjudul “Unsupported Hardware”.

“PC Anda menggunakan prosesor yang didesain untuk versi terbaru Windows. Prosesor ini tidak didukung oleh versi Windows yang Anda gunakan,” bunyi pesan di dalam prompt yang bersangkutan, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari ArsTechnica, Rabu (19/4/2017).

Meski demikian, pengguna PC dengan prosesor yang lebih lawas seperti seri Sky Lake (Core generasi ke-6) dari Intel tetap bisa memasang update untuk Windows 7 dan 8.1. Hanya Kaby Lake dan Ryzen atau yang lebih baru saja yang tidak bisa.

Kenapa pula Microsoft tak mau mendukung prosesor baru di Windows lawas? Perusahaan tersebut beralasan Kaby Lake dan Ryzen memiliki serangkaian kapabilitas baru yang sulit dijaga kompatibitasnya dengan OS lama.

Windows 7, misalnya, diketahui tak memiliki dukungan built-in untuk USB 3 dan NVMe. Namun, khusus untuk Windows 8.1, Microsoft sebenarnya masih memberikan mainstream support hingga Januari 2018. Pengguna seharusnya tetap menerima update hingga waktu tersebut, entah menggunakan prosesor baru atau lama. 

Baca: Intel Resmikan Prosesor Core i Generasi ke-7 ?Kaby Lake?

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com